1. Startup

Tim Asal Madura Raih Rookie of the Year 2012

Tim Solite Studio yang berasal dari Bangkalan, Madura, terpilih menjadi Rookie of the Year dalam kompetisi Mobile Game Developer War (MGDW) 4. Dengan game-nya yang bernama Sakera Math, Solite Studio menyisihkan 12 finalis lain dalam final MGDW 4 yang digelar pada acara CompFest 2012, Minggu kemarin di Perpustakaan Pusat UI, Depok.

Solite Studio terdiri dari Asadullohil Ghalib (produser), Tony Wijaya (game designer/Alchemist), Miftah Alfiansyah (programmer/Knight), dan M.Bagus Muslim (artist/Wizard). Mereka membuat game Sakera Math yang menceritakan tentang perjalanan seorang laki-laki dalam usahanya untuk menjadi ahli Matematika. Untuk itu, dia harus menjawab pertanyaan yang muncul dalam petualangannya mengelilingi pulau Jawa.

Game Sakera Math yang bertema edukasi ini tersedia untuk handphone Nokia Asha 303, Asha 200, C3 dan C5. Pengguna yang tertarik, bisa mengunduh game ini di halaman Nokia Store.

Dalam perjalanannya mengembangkan game yang akhirnya membawa mereka menjadi Rookie of the Year, tim Solite Studio mendapat dukungan dari Agate Studio. Bersama para party (peserta MGDW 4) yang lain, mereka mendapatkan pelajaran dari mulai bagaimana cara membuat dokumen teknis, art maupun gameplay yang baik, mendapatkan feedback dari setiap pembuatan game mulai versi prototype, alpha, beta, hingga versi rilis yang nantinya akan disubmit ke Nokia Store.

Menurut Aditia Dwiperdana, Agate Academy Guild Master sekaligus juri dalam MGDW 4 Rookie ini modal utama untuk mengembangkan sebuah game adalah kesenangan dari membuat game itu sendiri. Karenanya, tanpa latar belakang informatika maupun seni sekalipun, para party dalam MGDW 4 bisa menunjukkan peningkatan kualitas game yang signifikan. Ini bisa menjadi bukti untuk orang lain yang ingin mengembangkan game tetapi masih ragu karena latar belakang yang dimiliki.

Selain Sakera Math, MGDW 4 kemarin juga memberikan penghargaan Most Favourite Winner kepada party Sundae Cola asal Depok. Sebagai Most Favourite Winner, Sundae Cola yang membuat game 17-an The Game mendapat hadiah 5 juta Rupiah. Party Solite Studio sendiri mendapatkan hadiah sebesar 30 juta Rupiah. Selain kedua penghargaan tersebut, MGDW 4 juga masih akan berproses untuk memilih pemenang kategori Most Download, Best Graphic, Best Team, Best Education Game, Best Cultural Game dan Best Gameplay. Gelar ini akan diperebutkan oleh seluruh 253 party yang berpartisipasi dalam MGDW 4 ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again