Kebutuhan bisnis akan pemanfaatan data memang terus naik. Selain membutuhkan alat-alat untuk pengelolaan dan analisis data bisnis juga membutuhkan petugas khusus untuk menanganinya. Istilah data science mulai populer seiring dengan perkembangan kebutuhan data. Sebuah pekerjaan khusus untuk menangani data.

Berikut ini beberapa hal yang bisa diperhatikan jika Anda sedang membangun sebuah tim data science  untuk bisnis Anda.

Talenta yang tepat

Untuk membangun tim data science yang solid di awali dari pengguna tim. Bisnis yang ingin melengkapi tim mereka dengan tim data science membutuhkan pilihan yang tepat, utamanya untuk leader. Selain nantinya bertanggung jawab untuk operasi pengelolaan data, leader tim memiliki tugas awal yakni memberikan rekomendasi bagaimana tim dibentuk, seperti arsitek solusi data, developer, data platform administrator, dan lain-lain.

Karena hasil analisis data yang nantinya dijadikan pedoman untuk arah bisnis, tim yang kompeten dengan talenta individu yang sesuai akan menjadi tulang punggung berharga bagi data dalam pemanfaatan data.

Proses yang tepat

Berbicara masalah proses, data dan data science erat kaitanya dengan agility. Tim data science membutuhkan kemampuan mengakses dan memonitor data secara real time. Hal tersebut penting untuk dilakukan untuk mendapatkan kondisi terkini dan bisa melakukan aksi yang tepat waktu.

Tim data science membutuhkan data dan perlu untuk memahaminnya untuk bagaimana data-data tersebut memberikan efek positif bagi bisnis. Perlu kelincahan di sana. Perlu urutan kerja yang baik dan metode yang efektif untuk mencapai hal tersebut.

Pemilihan platform

Selain tim dan proses, hal selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam pembangunan tim data science yang baik adalah platform atau tools yang digunakan. Berkembangnya pemanfaatan data disambut dengan mulai banyaknya pilihan platform untuk pengelolaan data. Mulai dari platfrom pengumpulan data hingga platform analisisnya. Pemilihan platform yang tepat tentu akan mengoptimalkan kinerja tim secara teknis.

Tidak perlu terburu-buru

Membangun tim bukan perkara mudah. Butuh ketepatan dan kehati-hatian dalam memilih. Untuk itu daripada terjadi kegagalan di depan lebih baik berhati-hati sejak pemilihan awal. Memilih tim, memilih proses, hingga memilih alat. Tidak perlu tergesa-gesa untuk memilih, ambil waktu secukupnya karena ini untuk masa depan bisnis.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.