Time Warner Kamis ini mengumumkan rencana untuk melepas AOL kembali sebagai perusahaan independent, mengakhiri perkawinan dua bisnis media besar yang dimulai sejak 2001 silam. Saat itu banyak analis yang mengagumi strategi perkawinan antara AOL dengan Time Warner karena dianggap mampu membawa terobosan hasil penggabungan bisnis besar online dan bisnis besar offline. Namun sampai sekarang, belum ada langkah konkrit yang dilakukan Time Warner - AOL yang mampu menggebrak pasar.

Baik AOL dan Time Warner dinilai mampu maju lebih baik dalam keadaan terpisah, AOL dengan potensi penguasaan bisnis online advertising dan bisnis ISP yang sudah cukup mapan dan juga Time Warner dengan bisnis media yang mendunia, jaringan tv kabel, studio film dan salah satu aset paling berharga : CNN dan HBO.

Proses pelepasan AOL dan Time Warner ini berlangsung secara bertahap mulai dari pemisahan saham publik, pengembalian saham milik AOL yang dimiliki Time Warner dan Google (buyback) dengan total value AOL sebesar 5 milyar dollar AS.

Diharapkan AOL dapat kembali fokus mengembangkan bisnisnya terutama di bidang online advertising dan pengembangan produk-produk internet lainnya. Namun sebelum menuju ke proses tersebut, dipastikan juga bahwa AOL dan Time Warner akan mengalami re-organisasi karyawan dan juga eksekutifnya jadi sepertinya AOL harus menunggu sampai keadaan mapan dulu sebelum mampu untuk mengembangkan diri.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again