Categories

Feature

Tingkatkan Potensi Kerja Sama Bagi Startup Digital, Kemkominfo Luncurkan Program HUB.ID

Keseriusan pemerintah mendukung keberlangsungan ekosistem startup di Indonesia yang ditunjukkan melalui program HUB.ID.

Asti - 30 July 2021

Sadar akan besarnya potensi yang ada pada bisnis startup di Indonesia membuat Kemkominfo menunjukkan perhatian lebih pada industri ini, yakni bersama dengan diluncurkannya program HUB.ID. Kemkominfo menggandeng para pelaku startup untuk berkontribusi dalam pengemabangan ekosistemnya.

Mengusung konsep business matchmaking HUB.ID berdiri sebagai wadah bagi para pelaku startup untuk lebih leluasa dalam melakukan pergerakannya seperti kemudahan akses pendanaan, Kerjasama bisnis, dan beragam jenis kemitraan lainnya.

Melalui rangkaian segmen yang sudah disiapkan oleh Kemkominfo, para startup terpilih akan difasilitasi untuk menjalankan beberapa program seperti speed mentoring, business matchmaking, networking session, dan Demo Day.

Apa itu HUB.ID?

Press Conference HUB.ID dan IGDX 2021 dihadiri oleh I Nyoman Adhiarna selaku Plt. Direktur Ekonomi Digital

HUB.ID adalah sebuah keberlanjutan program yang digagas oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) sebagai respon serius dari pihak pemerintah mengenai tren positif yang berhasil dibangun oleh startup.

Setelah sebelumnya berhasil menjalankan program-program yang bertujuan untuk merangsang perkembangan ekosistem startup digital, sebut saja program #StartupDigital beta sebagai permulaan. Program yang dinilai sebagai pengenalan startup itu berisikan tentang kampanye seputar pengetahuan dan keahlian mendasar dalam dunia startup. Kemudian dilanjutkan dengan program 1000 startup digital yang diadakan dengan tujuan untuk menemukan dan mengkurasi ide-ide inovatif yang kemudian dapat diterapkan keberlangsungan industri startup.

Selanjutnya Kemkominfo menginisiasi program lanjutan bertajuk Startup Studio Indonesia (SSI) yang khusus ditujukan kepada para founder startup untuk mendapatkan kesempatan mengikuti sesi mentoring dari para ahli terkait dengan wawasan, kemampuan teknikal, dan mental. Dengan harapan nantinya para pelaku startup di Indonesia dapat mengikuti pola startup yang cenderung dinamis dan tetap dapat memberikan solusi berupa produk-produk kreatif yang menyesuaikan kebutuhan konsumen.

Dalam pernyataan resmi yang disampaikan oleh Semuel Abrijani Pangerapan selaku Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo bahwa program HUB.ID ini diselenggarakan secara konstan demi menunjang pertumbuhan dan perkembangan ekosistem startup digital yang lebih mandiri, terutama di negara kita sendiri.

Hal ini didukung oleh arahan presiden Joko Widodo yang menekankan sebuah prinsip bahwa Indonesia harus lebih dewasa dan mandiri lagi dalam menyikapi kemajuan teknologi seperti saat ini, agar Indonesia tidak hanya berperan sebagai pasar melainkan juga sebagai pemain.

Program HUB.ID

Pada program HUB.ID ini para startup yang terpilih nantinya akan mengikuti beberapa program yang sudah disiapkan oleh Kemkominfo terkait dengan keberlangsungan startup termasuk speed mentoring, Business Matchmaking, Networking Session dan demo day.

Bagi para pelaku perusahaan rintisan tentunya kerap kali dihadapkan pada sebuah jalan buntu terkait dengan bisnis yang ia jalani, oleh karena itu mencari mentor yang tepat adalah hal paling rasional yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan solusi.

Dalam program HUB.ID ini Anda akan mendapatkan kesempatan emas berupa speed mentoring dari para mentor pendamping yang berpengalaman seperti para founder atau C-level dari startup ternama, pelaku industri, dan perusahaan modal ventura, disela waktu yang singkat ini tentunya Anda akan dibantu untuk mencari solusi dari masalah bisnis yang sedang dihadapi.

Secara garis besar program ini diselenggarakan untuk menjembatani antara startup dengan pihak eksternal seperti BUMN, korporasi swasta, dan institusi pemerintah yang dikurasi sesuai dengan sektor bisnis (vertical) startup.

Kemudian dilanjutkan dengan program networking session yang akan digelar di 10 kota yang ada di Indonesia, tentunya dengan tujuan untuk memperlebar sayap startup dalam menjalin relasi bisnis dengan korporasi maupun instansi pemerintah yang memiliki kesamaan visi dan misi. Selain itu program ini juga bertujuan untuk mensukseskan proses penetrasi yang dilakukan startup untuk menyasar target ke pasar-pasar dalam skala daerah.

Dilanjutkan dengan acara puncak yang akan memberikan kesempatan untuk startup mempresentasikan produk, bisnis dan ide kreatifnya dihadapan para investor dari berbagai negara. Program demo day akan diadakan selama dua hari secara hybrid, sebagai penutup acara startup yang terpilih dipersilahkan untuk melakukan presentasi dihadapan pemodal ventura, angel investor, dan investor lainnya.

Pendaftaran HUB.ID

Bagi Anda yang merasa tertarik untuk mengikuti program HUB.ID pendaftaran sudah dibuka sejak 28 Juli hingga 13 Agustus mendatang. Menurut I Nyoman Adhiarna selaku Plt. Direktur Ekonomi Digital Ditjen Aptika Kementerian Kominfo, program ini dapat diikuti oleh startup yang sudah memasuki tahap pra seri A hingga tahap selanjutnya (later stage).

Pada program HUB.ID ini Kominfo menunjuk 7 sektor utama sebagai fokus bisnisnya, yakni Pertanian dan Kemaritiman, Kesehatan, Logistik, Pariwisata, Pendidikan, Keuangan, dan Smart City. Besar harapan bahwa program-program seperti ini terus dapat dilakukan demi mewadahi dan menunjang iklim startup kearah yang lebih baik lagi.

Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat mengakses laman resmi www.hub.id/

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter