1. Startup

Tinker Games Gelar Crowdfunding Lewat Kickstarter, Wujudkan Proyek Game Terbaru Berjudul “Pale Blue”

Sebagai perusahaan startup, sokongan dana  untuk pengembangan produk dan bisnis tentu sangat dibutuhkan. Ada beberapa cara untuk memperolehnya, bisa lewat suntikan investasi dari perusahaan maupun per seorangan, atau bisa juga lewat media crowdfundingonline. Seperti yang dilakukan oleh salah satu studio game yang bernama Tinker Games. Studio yang berbasis di Bandung tersebut baru saja merilis proyek game yang pertama mereka lakukan menggunakan media crowdfunding, Kickstarter. Proyek game yang diusungnya berjudul “Pale Blue”.

Lewat siaran pers yang dikirimkan ke redaksi kami, game yang mengusung genre 2D  side-scrollingadventure ini menjalankan campaign di Kickstarter selama 35 hari ke depan dimulai pada tanggal 15 Mei kemarin. Melalui Kickstarter, Tinker Game mengharapkan “sumbangan” dana yang terkumpul hingga akhir campaign mencapai US$ 48.000 atau sekitar Rp 540 juta. Menurut informasi yang tertera di halaman Kickstarter, sebagian besar dana yang diperoleh akan dialokasikan untuk biaya produksi Pale Blue serta biaya yang mendukung para tim pengembangnya.

Sumbangan yang diberikan tak ditetapkan besaran minimum yang ditentukan, hanya saja Tinker Games menyiapkan “paket” yang memiliki variasi besaran. Paket sumbangan yang dimaksud memiliki reward di dalamnya yang dapat diperoleh bagi penyumbang, besarannya mulai dari USD 5 dengan reward berupa desktop wallpaper Pale Blue, hingga paling besar yakni USD 5000 dengan sejumlah reward yang disiapkan berupa bentuk digital maupun fisik seperti poster eksklusif, artbook, t-shirt, dan reward lainnya yang seluruh berjumlah 21. Untuk mengecek daftar lengkapnya, bisa cek di tautan ini.

Pale Blue sendiri merupakan game yang pengembangannya sendiri terinspirasi oleh kisah-kisah superhero yang melekat di benak pemain game sejak dulu seperti Power Rangers, Kamen Rider, Ultraman, dan sebagainya. Kisahnya sendiri secara garis besar mengambil tema sci-fi yang disajikan dengan gaya ilustrasi anime yang sangat kental. Tinker Games mengungkapkan, daya tarik Pale Blue terletak pada gameplay dan cerita yang kuat.

“Daya tarik Pale Blue adalah pada story dan gameplay-nya. Di Pale Blue, pemain akan berperan sebagai tokoh yang merupakan sosok ‘Bad Guy’ dan membantu organisasi gelap dalam mencapai tujuannya,” ungkap Mukhlis Nur, Project Leader Pale Blue yang dimuat dalam siaran pers.

Sebagai salah satu pelaku startup lokal, Tinker Games bukan yang pertama kali mengadakan proyek crowdfunding secara online untuk mendukung pengembangan produknya. Pada 2013 lalu, jika masih ingat game horror DreadOut sukses menggalang dana di situs Indiegogo dengan harapan dana yang terkumpul sebesar USD 25.000.

Hingga tulisan ini diturunkan, penggalangan dana Pale Blue baru mencapai sebesar USD 2.940 dengan penyumbang yang masih baru berjumlah 64 orang. Masih cukup jauh dari harapan dana yang diperoleh, namun setidaknya masih ada 34 hari ke depan untuk Tinker Games mewujudkan Pale Blue yang rencananya akan dirilis ke dalam platform PC. Kita nantikan saja perkembangan selanjutnya.

[image: Kickstarter]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again