Categories

Tips & Trik

[Tips] Berbagi Foto Ke Instagram Lewat Share Extension di iPhone

Bisa digunakan dari aplikasi Photos atau aplikasi edit foto lainnya

Aditya Daniel - 8 June 2016

Instagram lagi rajin mengeluarkan update. Setelah hampir sebulan yang lalu mereka mendesain ulang aplikasi dengan logo serta tampilan baru, belum lama ini Instagram menghadirkan update di algoritma timeline.

Instagram tak lagi mengurutkan foto berdasarkan waktu posting. Sebaliknya, Instagram menggunakan algoritma khusus untuk menampilkan foto terbaik yang ada di timeline lebih dahulu.

Bagi sebagian orang hal ini merupakan hal yang kurang baik, misalnya bagi online shop yang menggunakan Instagram untuk berjualan. Namun bukan hal ini yang akan saya bahas lebih lanjut, melainkan tambahan fitur di aplikasi Instagram iOS yang membuat fitur upload foto di Instagram semakin mudah.

Di versi aplikasi terbarunya, Instagram akhirnya memberikan fitur share extensions di iPhone. Singkatnya kini Anda bisa membagikan foto langsung dari aplikasi Photos ataupun aplikasi yang lain selama memiliki tombol share. Cara menggunakannya pun mudah, seperti ini:

  1. Dari aplikasi Photos misalnya, dari foto yang akan di-upload tekan tombol Share di pojok kiri bawah
  2. Pada Share sheets yang muncul, geser ke kiri hingga muncul pilihan More
  3. Aktifkan Share extension Instagram lalu tekan Done
  4. Setelah aktif, tap pada ikon Instagram yang ada di Share extension
  5. Isi caption yang diinginkan lalu tapShare

Foto tersebut akan otomatis ter-upload ke Instagram. Selain mempermudah, bagi Anda yang gemar bermain Instagram cara di atas juga salah satu cara menghemat storage di iPhone.

Anda tak perlu repot-repot lagi menyimpan foto terlebih dahulu baru meng-upload-nya di Instagram. Anda menggunakan lebih dari 1 aplikasi edit foto, bisa langsung share ke Instagram melalui share extension.

Untuk dapat berbagi menggunakan share extension Anda perlu melakukan pembaruan aplikasi Instagram ke versi terbaru. Langsung saja menuju App Store dan update untuk mendapatkan fitur ini.

Tidak bisa dipungkiri bahwa Instagram adalah salah satu layanan berbagi foto yang paling populer. Meski fitur ini hanya tersedia untuk pengguna iOS saja namun kemudahan yang ditambahkan lewat fitur ini sudah saya nantikan sejak lama. Bagaimana dengan Anda?

Download - App Store - Gratis

Gambar header: Pixabay

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter