1. Entrepreneur

Tips Meningkatkan Performa Iklan di Google Adwords

Sudah sedia budget untuk iklan online di Google Adwords, tetapi khawatir iklan tidak mencapai performa optimal? Simak Tips berikut sebelum Anda memasang iklan di Google Adwords

Setiap pengiklan tentunya mengharapkan capaian iklan sesuai target dan dapat bekerja efektif untuk bisnisnya, bahkan apabila memungkinkan dapat melebihi target yang sudah ditentukan.

Namun, hasil yang optimal tidak bisa dicapai begitu saja hanya dengan memasang iklan di Google Adwords. Diperlukan strategi agar iklan menghasilkan performa optimal untuk mendorong pencapaian target dan sasaran bisnis. Simak 9 tips dibawah ini untuk mencapai performa iklan yang optimal di Google Adwors

9 Tips Meningkatkan Performa Google Adwords

  • Pahami target audiens dan fokus pada tujuan iklan

Anda harus paham betul siapa target audiens Anda, mulai dari usia, lokasi, minat, kebiasaan, segmentasi pendapatan, dan lain sebagainya. Sesuaikan target audiens iklan dengan target dari produk Anda.

Anda juga harus menentukan tujuan iklan yang diinginkan sejak awal. Hal tersebut penting karena berkaitan dengan anggaran, penargetan, dan format konten yang akan dibuat supaya tepat sasaran. Dengan begitu iklan akan menjangkau target secara optimal dan memiliki performa yang baik.

  • Pilih jenis kampanye yang tepat

Google Adwords menyediakan berbagai jenis pilihan kampanye diantaranya:  Search campaigns, Display campaigns, Video campaigns, App campaigns, Local campaigns, Smart campaigns, Performance Max campaigns, dan Shopping campaigns.

Pilihlah jenis kampanye yang sesuai dan mendukung Anda mencapai target yang diinginkan. Anda dapat mempelajari semua jenis kampanye tersebut untuk mengetahui perbedaannya sehingga akan membantu pemilihan kampanye yang tepat. Tidak harus memilih salah satu, Anda juga dapat memilih beberapa jenis kampanye sekaligus apabila memang dapat membantu mencapai target bisnis Anda.

  • Alokasikan anggaran sesuai performa iklan

Jika Anda menggunakan beberapa jenis kampanye sekaligus, penting untuk memperhatikan pengalokasian anggaran. Alokasikan lebih banyak anggaran untuk jenis kampanye yang memiliki performa lebih baik dan membantu Anda mencapai target.

Sebaliknya, alokasikan lebih sedikit anggaran untuk jenis kampanye yang tidak memberikan performa maksimal, menghasilkan ROI rendah atau jenis kampanye yang masih dalam tahap percobaan.

  • Lakukan percobaan

Eksperimen dapat dilakukan terhadap bentuk konten maupun jenis kampanye. Eksperimen konten penting untuk mengetahui format konten dan teks seperti apa yang disukai audiens.

Sedangkan pengujian terhadap jenis kampanye dilakukan untuk mengetahui jenis kampanye yang paling efektif untuk mencapai target dan sasaran bisnis. Dengan pengujian tersebut, Anda bisa mempelajari dan mengoptimalkan iklan untuk mencapai performa yang optimal.

  • Amati performa iklan

Google Adwords menyediakan fitur pengaturan observation yang dapat dimanfaatkan untuk memantau performa iklan terkait penempatan iklan tayang, topik, atau audiens yang dijangkau saat kampanye berjalan. Apabila capaian belum sesuai maka Anda dapat melakukan perubahan target segera di pengaturan sehingga dapat meningkatkan performa iklan.

  • Fitur khusus pembatasan frekuensi

Fitur ini hanya tersedia untuk jenis display campaign dan video campaign. Anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk mencegah eksposur iklan yang berlebihan kepada audiens yang sama.

  • Targetkan relevansi konten iklan

Selain menargetkan audiens Anda sesuai demografi, usia, minat, dan lokasi, Anda juga dapat melakukan penargetan lain dengan memperhatikan penggunakan keywords, penempatan iklan tayang, dan topik konten.

Penargetan relevansi akan membantu iklan Anda muncul di sebelah iklan lain yang relevan sehingga memperbesar peluang iklan Anda dilihat oleh lebih banyak audiens yang tepat.

  • Gunakan smart bidding

Gunakan Smart Bidding dan tetapkan strategi bid yang tepat supaya mendorong capaian performa yang lebih baik. Misalnya untuk tujuan peningkatan penjuaan atau profit, Anda dapat menggunakan metode bidding dengan memaksimalkan nilai konversi. Smart Bidding pada search campaign menunjukkan hasil secara real time.

  • Pantau hasil konversi

Gunakan fitur conversion tracking dan offline conversion tracking dari Google Adwords untuk melakukan pelacakan hasil konversi. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan Google Analytics untuk memantau sekaligus mengoptimalkan insight.

Sekian tips terkait pengoptimalan performa iklan di Google Adwords. Anda dapat memilih tips mana yang akan Anda impelementasikan untuk menjangkau performa iklan yang lebih optimal. Semoga bermanfaat!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again