Categories

Tipz

Tips Mengubah Pembeli Jadi Pelanggan dengan Email Marketing

Memanfaatkan email marketing untuk mengubah pembeli menjadi pelanggan

Asti - 15 August 2021

Dalam menjalankan sebuah bisnis, pastinya memiliki pembeli adalah hal yang paling dibutuhkan. Hal ini membantu agar produk yang dijual dapat dikenal secara luas oleh banyak orang. Namun, tidak hanya sampai menemukan pembeli, sebagai pemilik bisnis tentunya Anda harus tahu bagaimana mengubah pembeli tersebut menjadi pelanggan. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan email marketing.  

Email marketing adalah suatu bentuk pemasaran langsung serta pemasaran digital yang menggunakan email untuk mempromosikan produk atau layanan bisnis yang dimiliki. Hal ini tentunya membantu pelanggan mengetahui barang atau penawaran baru apa yang akan hadir di masa mendatang melalui email automation yang diterima. Berikut ini tips email automation yang tepat untuk mengubah pembeli menjadi pelanggan. 

  • Welcome email untuk subscriber baru

Tips email automation pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membuat welcome email untuk subscriber baru. Welcome email adalah tanda yang anda berikan dalam menyambut pengguna yang bergabung dengan bisnis Anda pertama kali. Anda dapat menggunakan email automation dari MTARGET. 

Melalui email automation MTARGET Anda dapat memastikan bahwa interaksi pertama Anda dengan pelanggan baru akan sukses sehingga bisa mengubah mereka menjadi pelanggan tetap Anda. Menurut sebuah penelitian bahwa welcome email automation dapat meningkatkan pemesanan 5 kali lebih banyak dibandingkan dengan reguler bulk email. 

  • Kirim pemberitahuan pesanan yang dipersonalisasi

Tips email automation selanjutnya yang bisa digunakan adalah kirim pemberitahuan pesanan yang dipersonalisasi. Jika Anda menjual barang secara online, kemungkinan Anda harus mengirim tanda terima, konfirmasi, invoice, atau jenis email transaksional kepada pelanggan Anda. Melalui email automation, Anda dapat melakukan hal tersebut dengan trigger tertentu yang sudah Anda tentukan sebelumnya. Melalui email automation ini juga, Anda dapat melakukan personalisasi terlebih dahulu agar pesan tersebut terlihat lebih personal untuk pelanggan Anda. 

Email konfirmasi dan pemberitahuan yang sudah dipersonalisasi dapat meningkatkan open rate lebih tinggi dari jenis email lainnya. Oleh karena itu, penting untuk Anda memastikan bahwa email konfirmasi yang Anda kirimkan merupakan email yang sudah Anda personalisasi untuk mendapatkan feedback terbaik dari pembeli pertama Anda.

  • Berikan reward pada customer loyal

Selanjutnya, tips email automation yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan reward pada customer loyal. Pelanggan adalah aset kehidupan bisnis Anda. Terkadang, Anda mungkin ingin melangkah lebih jauh untuk berterima kasih kepada mereka atas kesetiaan mereka.Hal tersebut bisa Anda lakukan dengan memberikan reward kepada pelanggan setia Anda dengan menggunakan email automation. Reward tersebut bisa berupa kupon eksklusif, kode promo, atau penawaran lainnya. Cara ini cukup bagus dilakukan untuk memastikan pelanggan setia Anda merasa dihargai dan membuat mereka kembali ke toko Anda. 

  • Kirim ucapan ulang tahun

Terakhir, Anda bisa mengirimkan ucapan ulang tahun. Mengirimkan ucapan ulang tahun kepada subscriber atau pelanggan baru Anda merupakan salah satu cara terbaik untuk menarik perhatian mereka kembali untuk melakukan interaksi dengan bisnis Anda, misalnya seperti melakukan repeat order. Selain itu, dengan mengirimkan email ucapan selamat ulang tahun akan membuat subscriber atau calon pelanggan Anda merasa diingat oleh Anda.

Untuk mendapatkan perhatian lebih dari mereka, Anda bisa menyisipkan penawaran khusus kepada mereka, misalnya dengan memberikan diskon khusus, voucher eksklusif, dan sebagainya sebagai hadiah untuk mereka. Email birthday ini bisa Anda kirimkan dengan menggunakan email automation dengan trigger birthdate subscriber Anda. 

Nah, itu dia beberapa ulasan mengenai tips email automation yang bisa digunakan yang akan membantu Anda mengubah pembeli menjadi pelanggan secara efektif.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter