20 September 2016

by Aditya Daniel

Tips Membagikan Catatan di Notes iOS 10

Dalam dua tahun terakhir, Apple terus memberikan perbaikan serta update untuk aplikasi pembuat serta penyimpan catatan Notes di iOS.

Pada iOS 9, Apple menghadirkan sinkronisasi yang lebih baik dan juga cepat, fitur formatting, penambahan preview link pada catatan yang disimpan dan mode gambar, checklist. Lalu pada iOS 9.3, Apple mengijinkan penggunanya untuk memberikan keamanan pada cataan yang tersimpan dengan Touch ID atau Passcode.

Di iOS terbaru alias iOS 10, Notes pun masih kebagian fitur baru yaitu kolaborasi.

Jika sehari-hari Anda bekerja menggunakan Mac, iPhone atau iPad, Notes saya rasa cukup memenuhi kriteria aplikasi penyimpan catatan. Dengan dukungan terbaru di iOS 10 Anda kini akan mendapatkan fitur yang bisa menambah pengalaman menggunakan Notes. Mulai dari membagikan catatan yang tersimpan, membagikan checklist catatan belanja ataupun mencatat untuk urusan pekerjaan lainnya.

Artikel kali ini akan memberikan tips singkat berupa langkah-langkah membagikan catatan dari aplikasi Notes di iOS 10.

Membagikan catatan dari Notes di iOS 10

  1. Buka aplikasi Notes, lalu buka catatan yang ingin dibagikan
  2. Tekan pada tombol bergambar orang dengan tanda + di samping tombol share
  3. Anda bisa membagikannya lewat beragam pilihan aplikasi yang tersedia, misalnya iMessage (Jika aplikasi yang Anda cari belum tersedia di share extensions, geser ke arah kiri sampai dengan tombol More dan aktifkan share extension aplikasi tersebut)
  4. Ketik nama kontak penerima
  5. Tekan tanda panah ke atas untuk mengirimkan link catatan tersebut

Jika sang penerima belum memperbaharuo iPhone atau iPadnya ke iOS 10, link dari catatan yang dibagikan akan mengarah ke iCloud versi web. Begitu pula jika sang penerima tidak menggunakan macOS atau iOS.

Sebenarnya lewat iCloud versi web pun Anda dapat melihat ataupun meng-edit catatan tersebut. Namun tentu saja pengalaman penggunaannya tak semenyenangkan dibandingkan menggunakan iPhone, iPad atau Mac. Selain itu ada beberapa fungsi yang tidak berjalan, misalnya link preview saat menambahkannya ke catatan.

Untuk catatan yang sudah tak ingin dibagikan, Anda bisa menghapus Apple ID teman atau kerabat untuk mencabut aksesnya.

Anda pengguna Notes tetapi belum update ke iOS 10? Ayo update untuk dapatkan fitur kolaborasi di Notes.

Sumber gambar header: Pixabay