Categories

Tips & Trik

[Panduan Pemula] Cara Membuat Checklist dan Menggambar di Aplikasi Notes

Aditya Daniel - 23 October 2015

Notes adalah aplikasi catatan default pada iOS. Selain tersedia di iPhone, iPad dan Mac, Notes juga bisa diakses melalui laman web iCloud. Pada iOS 9, Notes menjadi semakin canggih dan kini saya menggunakannya sebagai aplikasi utama untuk mencatat segala hal.

Selain menyimpan catatan, ternyata aplikasi Notes juga bisa digunakan untuk menyimpan checklist dan menggambar. Ya, kedua hal ini sekarang bisa Anda lakukan tanpa harus menggunakan aplikasi pihak ketiga yang ada di App Store. Penasaran bagaimana caranya, simak langkah-langkahnya berikut:

Info Menarik: Apple Hadirkan iMac 21.5 Inci 4K Retina Display, Magic Mouse, Magic Keyboard 2 dan Magic Trackpad 2 Versi Baru

Membuat checklist

Ingin membuat bermacam daftar seperti daftar belanjaan, daftar film yang ingin ditonton dan sebagainya? Kini dengan Notes, Anda bisa melakukannya karena pada iOS 9 Notes bisa menyimpan checklist. Cara membuatnya:

  1. Buat sebuah catatan baru, dari sebuah catatan baru yang dibuat tap tombol "+" yang ada di atas keyboard
  2. Untuk membuat checklist, gunakan tanda pilihan tanda centang
  3. Ketik daftar checklist yang ingin dibuat

Menggambar di Notes

Cara menggambar di Notes juga cukup mudah.

  1. Setelah tap pada tanda "+", pilih ikon garis sketsa yang ada di sebelah kanan ikon kamera
  2. Anda akan disuguhkan kanvas baru untuk menggambar
  3. Terdapat beragam pilihan alat seperti pensil, spidol hingga penggaris untuk menggambar dalam aplikasi Notes. Agar semakin menarik, Apple juga menambahkan beragam warna yang bisa Anda gunakan

Notes yang semakin canggih di iOS 9 menjadi alasan saja menggunakannya sebagai aplikasi catatan utama saya sekarang. Lebih lagi, aplikasi Notes juga dapat menyimpan link dari Safari dengan tampilan yang lebih cantik. Fitur formatting pada Notes di iOS 9 juga mendapat perbaikan. Anda bisa menambahkan bullet, membuat heading serta tentunya opsi bold, italic dan underline yang sudah menjadi standar formatting.

Info Menarik: Cara Mengaktifkan Content Blockers di iOS 9

Fitur sinkronisasi aplikasi Notes juga semakin canggih. Tak lagi mengandalkan IMAP seperti pada iOS 8 dan sebelumnya, Notes kini menggunakan iCloud Drive untuk sinkronisasi catatan-catatan di dalamnya. Dengan demikian sebuah catatan yang Anda buat di iPhone akan secara otomatis tersinkronisasi dengan cepat ke perangkat iOS ataupun Mac lainnya dengan akun iCloud yang sama.

Sudahkah Anda mencoba aplikasi Notes? Bagiamana pengalaman Anda menggunakannya? Sampaikan di kolom komentar ya!

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter