1. Entrepreneur

7 Tips Kreatif Membuat TikTok Ads Anda Sukses

Di sini, DailySocial akan membahas tips untuk membuat iklan TikTok agar bisa membangun brand Anda dengan sukses.

TikTok ads adalah cara yang bagus untuk terhubung dengan audiens Anda. Hanya saja, sebelum Anda mempublikasikan kampanye TikTok pertama Anda, lihat tips ini untuk membuat TikTok ads Anda sukses.

Pembuatan iklan di televisi, YouTube, bilboard, Facebook, ataupun Instagram sangat berbeda dengan di TikTok. Maka dari itu, pelajari strategi komunikasi ini untuk membuat iklan di TikTok.

Tips Membuat TikTok Ads yang Sukses

Don’t Make Ads, Make TikTok

Don’t Make Ads, Make TikTok adalah mantra yang dipopulerkan oleh TikTok sendiri, dan juga menjadi tips pertama yang perlu Anda perhatikan. Tanamkan di pikiran Anda untuk membuat iklan di TikTok, Anda hanya perlu membuat video TikTok.

Sebab, 71% pengguna TikTok di seluruh dunia lebih menyukai postingan brand yang terasa tidak terlalu dipoles. Lalu, 65% pengguna mengatakan video brand yang terlihat terlalu profesional di TikTok, dirasa tidak pantas. Dan 44% pengguna mengatakan mereka ingin melihat sesuatu yang menyenangkan dari brand, termasuk iklan brand tersebut.

Jadi, jangan pernah membuat iklan di TikTok seperti saat membuat iklan di televisi. Melainkan, Anda harus membuat iklan yang lebih santai, unik, lucu, dan UGC-friendly

Mulai dengan Visual atau Hook yang Menarik

Bagaimana cara mencegah pengguna untuk swipe up ke video berikutnya? Caranya dengan menunjukkan sesuatu yang mengejutkan atau eye-catching di awal video. Contohnya, Ponds Indonesia membuat iklan dengan hook dan visual yang menarik seperti di bawah ini.

Anda bisa menggunakan visual untuk menarik perhatian pengguna atau membuat script dengan hook yang menarik. Sesuai dengan istilahnya, hook adalah kalimat di awal yang dapat “mengait” atau memikat perhatian audiens. 

Buat dengan Mempertimbangkan Video Vertikal

TikTok adalah platform vertikal, dan untuk memaksimalkan pengalaman pengguna, semua konten video Anda harus sesuai dengan spesifikasi TikTok Ads. 

Meski, format video dengan rasio 1:1 dapat diunggah di TikTok, tetapi ada baiknya Anda menggunakan format video 9:16 karena memiliki peluang lebih tinggi untuk kinerja yang lebih baik.

Jangan Melupakan Musiknya

TikTok menemukan bahwa penggunanya 15% lebih mungkin melewatkan iklan yang tidak bersuara. Jadi, gunakan lagu pada iklan Anda untuk menarik perhatian mereka.

Anda bisa mencocokkan video dengan beats dan drum pada lagu untuk membuat iklan Anda lebih menyenangkan dan menarik. Anda juga bisa menggunakan lagu yang sedang tren., seperti yang dilakukan oleh McDonald’s Indonesia.

Ringkas, Jaga Agar Video Tetap Singkat

TikTok adalah platform yang dapat mengunggah video dengan durasi lima hingga 60 detik. Meski video di TikTok singkat, tetapi pengguna bisa tidak menonton seluruh video Anda karena tidak tertarik.

Itulah tantangannya saat membuat konten bahkan iklan di TikTok. Maka, Anda harus memasukkan semua informasi penting tentang produk Anda dalam rentang waktu 10 hingga 25 detik. 

Gunakan Tren Pada Iklan

Manfaatkan tren yang sedang viral untuk dijadikan iklan Anda. 77% pengguna TikTok mengatakan mereka suka saat brand memanfaatkan tren, menampilkan meme, atau mengadakan challenge untuk pengguna di TikTok.

Sebelumnya, Coca Cola pernah memberikan dance challenge kepada pengguna untuk mempromosikan campaign “Real Magic”. 

Jadi, gunakan lagu yang sedang tren, efek, dance hingga challenge pada iklan Anda dan sesuaikan dengan pesan yang ingin disampaikan kepada audiens.

Bekerja Sama Dengan Content Creator

Tips terakhir yang bisa Anda pertimbangkan adalah ajaklah content creator yang memiliki 1000 hingga 50.000 follower untuk bekerja sama dengan brand Anda. Mengapa Anda harus bekerja sama dengan mereka?

Pertama, 78% pengguna TikTok menyukainya ketika brand berinteraksi dan berkolaborasi dengan pengguna biasa, bukan hanya selebritas. Kedua, content creator dapat mengubah brand perception menjadi lebih baik. 

Terakhir, content creator dapat mempengaruhi keputusan pembelian pengguna. Menurut laporan dari TikTok, niat membeli pengguna meningkat sebesar +17% setelah mereka melihat iklan dari content creator.

Nah, itulah 7 tips membuat TikTok ads yang sukses untuk brand Anda. Praktikan ketujuh tips ini dan buatlah iklan video brand Anda. Dan jangan lupa mempelajari cara memasang iklan di TikTok di sini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again