Categories

Tips

Tips Mencatat dan Mengolah Ide dengan Efektif Melalui Bantuan Teknologi

Lebih mudah dan efektif dengan memanfaatkan kecanggihan fitur-fitur smartphone.

Ilham Sanjaya - 12 August 2020

Mencatat ide terkadang menjadi kegiatan yang diremehkan. Padahal, bila tidak diingat dengan baik, ide yang tiba-tiba muncul tersebut bisa menghilang beberapa detik kemudian. Fokus yang teralihkan juga bisa menjadi faktor lain yang membuat kita lupa atau tidak sempat melakukan pencatatan hal-hal penting. Selain dicatat, ide juga perlu diolah dengan baik. Mulai dari mengumpulkan ide-ide pada catatan yang tersebar hingga mempresentasikannya dengan menarik perlu dilakukan agar ide emas tersebut tidak disia-siakan.

Salah satu cara untuk mengatasi dan mengantisipasi hal-hal tersebut adalah dengan menggunakan fitur-fitur pencatatan yang tersedia pada gadget Anda. Sehingga, Anda bisa langsung mencatat, mengolah, hingga mempresentasikan ide-ide tersebut dengan lebih mudah dan efektif. Untuk memahami lebih lanjut, berikut kami hadirkan beberapa tips untuk membantu Anda mencatat dan mengolah ide dengan efektif melalui bantuan teknologi.

1. Segera Tulis Ide yang Muncul

Ide bisa datang kapan saja. Ketika mendapatkan sebuah ide, Anda tidak perlu langsung berpikir jauh bagaimana ide tersebut akan diolah, hal yang pertama harus dilakukan adalah mencatat ide tersebut. Ide awal yang masih mentah, justru biasanya menjadi awal penting dari rencana emas yang akan dikembangkan. Untuk itu, penting bagi Anda membiasakan diri dalam melakukan pencatatan langsung disaat ide itu muncul.

Bila Anda tidak ingin repot karena selalu membawa buku catatan dan alat tulis kemana-mana, Anda dapat memaksimalkan fitur yang dimiliki smartphone Anda untuk membantu kegiatan pencatatan tersebut. Salah satunya fitur S Pen dan S Notes yang dimiliki Galaxy Note20 dan Note20 Ultra dari Samsung. Dilengkapi dengan angka latency sebesar 9ms yang lebih rendah dari seri-seri sebelumnya, fitur S Pen pada seri terbaru Galaxy Note ini akan memberikan Anda pengalaman seolah menulis di atas kertas.

Untuk membantu Anda mencatat dengan cepat, seri ini juga dilengkapi fitur Screen Off Memo, sehingga Anda tidak perlu menyalakan layar dan membuka kunci untuk mencatat ide-ide penting yang muncul tiba-tiba. Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir ketika terburu-buru dalam menggunakan S Pen dalam mencatat, karena S Notes juga memiliki fitur Auto Straighten yang dapat mengubah tulisan tangan menjadi teks yang lebih mudah untuk dibaca.

2. Tandai Bagian Bacaan yang Penting

Ide juga bisa datang dari bahan bacaan yang dibaca sehari-hari. Bila Anda menemukan informasi penting saat membaca artikel, berikan sedikit catatan atau highlight pada bagian tersebut. Catatan yang diberikan bisa dalam bentuk pengingat maupun hal terkait yang membantu Anda mengembangkan ide-ide yang dimiliki.

Hal ini juga dapat dibantu dengan memanfaatkan S Pen dan S Notes yang dimiliki Samsung Galaxy Note20 Series ini. Melalui fitur ini, Anda dapat memberikan anotasi atau catatan kecil pada artikel maupun bahan bacaan lainnya langsung dari smartphone. Bila bahan bacaan yang dibaca cukup panjang dan padat, fitur ini berguna untuk mengingat kembali ide apa yang muncul di saat Anda membaca bagian-bagian sebelumnya.

Galaxy Note20 Series
Galaxy Note20 Series dan Fitur S Pen

3. Catat Timestamp Rekaman Suara

Rekaman audio menjadi salah satu pilihan dalam mendokumentasikan kegiatan meeting, interview, ataupun belajar. Dengan memiliki rekaman audio, Anda bisa mendengarkan kembali hal-hal penting yang tidak sempat tercatat dengan detail. Hal tersebut dapat membantu Anda memiliki pemahaman yang lebih dalam terkait materi yang disampaikan sebelumnya.

Namun, terkadang kita menemukan kesulitan dalam mencari bagian-bagian penting dalam rekaman suara tersebut, apalagi bila rekaman tersebut merupakan rekaman panjang yang durasinya lebih dari satu jam. Untuk mengantisipasi hal ini, sebenarnya Anda dapat melakukan pencatatan timestamp pada bagian penting saat Anda merekam rekaman suara tersebut. Hal tersebut dapat dengan mudah diatasi dengan fitur audio bookmark yang dimiliki Samsung Galaxy Note20 Series. Dengan fitur ini, Anda tetap dapat menggunakan S Pen untuk mencatat sambil melakukan perekaman suara. Selain itu, fitur ini juga dapat membantu Anda untuk memberikan catatan kecil maupun timestamp dalam audio yang direkam, sehingga ide dan materi penting tidak terlewatkan dan tetap dapat tercatat dengan baik.

4. Sinkronisasi Catatan Anda

Catatan-catatan yang telah dibuat tadi tentu perlu dikelola kembali untuk kemudian diolah dan dikembangkan menjadi ide ataupun rencana eksekusi yang lebih matang. Untuk itu, sebaiknya Anda juga mengingat dengan baik dimana letak catatan yang dibuat sebelumnya. Akan tetapi, bila Anda menggunakan S Notes yang tersedia pada Samsung Galaxy Note20 Series, Anda tidak perlu repot-repot karena semua catatan yang dibuat akan secara otomatis tersinkronisasi dengan Microsoft OneNote dan Outlook. Dengan begitu, Anda juga bisa mengembangkan catatan-catatan tersebut untuk diolah lebih lanjut atau disusun menjadi pitch deck langsung dari PC Anda.

5. Presentasikan Ide dengan Menarik

Salah satu tantangan dalam mengolah ide adalah mempresentasikannya dengan baik. Presentasi yang atraktif dan profesional akan mendukung ide tersebut terlihat lebih menjual. Selain untuk menyusun pitch deck yang menarik, bantuan teknologi juga dapat berperan untuk menunjang performa presentasi Anda.

Hal tersebut juga dapat didukung oleh fitur-fitur yang dimiliki oleh Galaxy Note20 Series. Tidak hanya mendukung Anda untuk melakukan pencatatan ide, S Pen dan S Notes dari series ini juga dapat membantu Anda mempresentasikan ide-ide tersebut. Anda dapat mengimpor, mengedit, dan mengekspor file PDF langsung dari S Notes. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan S Pen sebagai pointers yang membuat presentasi lebih elegan. Melalui fitur air actions, Anda dapat menggeser slide serta mengatur penggunaan media lain seperti audio dan video cukup dengan menggunakan S Pen. Fitur ini dapat membantu Anda mengendalikan smartphone hingga jarak 10 meter.

Pencatatan ide memang hanya langkah awal dari eksekusi yang akan dilakukan di masa depan. Dengan bantuan teknologi seperti fitur S Pen dan S Notes yang terdapat pada Galaxy Note20 Series, ide-ide tersebut dapat dicatat dengan lebih baik dan mungkin akan menghasilkan output yang lebih baik pula.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh Samsung

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter