1. DScovery

7 Tips Meningkatkan Motivasi Belajar dalam Menghadapi UAS

Ujian Akhir Semester hanya tinggal menghitung hari, tapi rasa malas masih menghantui? Simak tips berikut untuk menumbuhkannya kembali.

Sebagai pelajar, kita sering kali melewati fase menurunnya semangat dan motivasi belajar. Hal tersebut sebenanya cukup wajar dan sangat umum terjadi. Asalkan, hal tersebut tidak dibiarkan berlarut-larut hingga memengaruhi kualitas belajarmu.

Nah, berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan motivasi belajar dalam menghadapi UAS yang sudah semakin dekat. Penasara apa saja tips-tipsnya? Simak dalam artikel berikut.

Apa Itu Motivasi Belajar?

Motivasi belajar adalah kemauan atau dorongan dari diri seseorang untuk mencapai tujuan belajar, seperti dalam memahami materi maupun melakukan pengembangan belajar. Kata motivasi sendiri berasal dari Bahasa Latin, ‘movere’ yang berarti dorongan dari diri sendiri untuk mencapai sesuatu yang dikehendaki.

Dengan adanya motivasi belajar, seseorang akan senantiasa memiliki semangat dan dorongan untuk terus belajar tanpa paksaan dari pihak manapun. Motivasi belajar setiap orang pun berbeda-beda tergantung karakter dan tujuan setiap individu.

Tips Meningkatkan Motivasi Belajar

Meski motivasi belajar setiap orang berbeda-beda, namun kamu tetap bisa meningkatnya dengan melakukan beberapa tips berikut.

1. Buat Jadwal Belajarmu Sendiri

Pertama, coba buat jadwal belajarmu sendiri. Jadwal belajar akan membantumu membiasakan diri dalam belajar. Selain itu, jadwal belajar juga penting dalam membantumu agar tetap fokus pada tujuan.

Dalam membuat jadwal belajar, jangan lupa untuk menggunakan batasan waktu. Selain itu, kamu juga bisa menetapkan target dan tujuan belajarmu pada setiap jadwal yang kamu buat agar kegiatan belajarmu menjadi lebih efektif.

2. Kenali Gaya Belajarmu

Kedua, untuk meningkatkan motivasi belajarmu, kamu juga perlu mengenali gaya belajarmu. Belajar dapat dilakukan dengan berbagai macam gaya yang dapat membuat kita nyaman.

Menerapkan gaya belajar yang kamu sukai juga efektif membantumu dalam memahami materi. Kamu bisa mencoba menggunakan gambar, foto, video saat belajar jika kamu adalah tipe yang menyukai visual. Kamu juga isa memanfaatkan warna yang beragam, grafik, diagram, hingga musik.

3. Cari Suasana yang Tepat dan Nyaman

Umumnya, belajar memerlukan suasana yang tenang dan juga nyaman. Suasana yang terlalu ramai tidak hanya dapat mengganggu konsentrasimu, tetapi juga dapat menurunkan motivasi belajarmu.

Kamu bisa memanfaatkan sudut rumah yang nyaman dengan pencahayaan yang tepat sebagai tempat belajarmu. Selain itu, kamu juga bisa menciptakan suasana yang nyaman dengan membersihkan dan merapikan tempat belajarmu terlebih dahulu.

4. Hindari Hal-Hal yang Mengganggu Waktu Belajarmu

Selain menciptakan suasana yang nyaman, kamu juga perlu menghindari hal-hal yang bersifat mengganggu kegiatan belajarmu. Salah satu hal yang sering kali mengganggu waktu belajar adalah keberadaan gadget dan televisi.

Untuk itu, agar kegiatan belajarmu lebih efektif, cobalah untuk menjauhkan dirimu dari kedua hal tersebut untuk sementara. Aturlah penggunaan gadget untuk media sosial, bermain game, atau menonton YouTube agar kegiatan belajarmu tidak terganggu.

5. Cobalah Belajar Bersama Teman

Bagi sebagian orang, belajar sendiri mungkin adalah hal yang membosankan. Untuk itu, kamu bisa mencoba meningkatkan motivasi belajarmu dengan mengajak temanmu untuk belajar bersama.

Dengan belajar bersama teman, kamu bisa mengubah konsep belajarmu menjadi sistem diskusi yang tentunya akan membuatmu lebih mudah dalam memahami materi. Namun, jangan terlalu santai hingga membuat waktu belajarmu terbuang karena kebanyakan mengobrol dan bermain-main.

6. Pelajari Materi secara Bertahap

Salah satu hal yang mungkin membuat motivasi belajarmu turun adalah karena adanya materi yang terlalu sulit. Dalam hal ini, kamu perlu mengatur strategi belajar terlebih dahulu.

More Coverage:

Caranya, kamu bisa mengatur waktu belajarmu secara bertahap. Cara ini dapat membantumu untuk lebih mudah memahami materi dan juga dapat membantu dalam mengukur kemampuan pribadimu. Jangan lupa juga untuk terus mencatat hal-hal yang kamu anggap sulit untuk dipelajari kembali.

7. Jangan Terlalu Memaksakan Diri

Rasa jenuh dan malas saat belajar adalah hal yang wajar. Jika kamu sudah merasakannya, mungkin itu tandanya agar kamu perlu istirahat sejenak. Jangan terlalu memaksakan diri untuk belajar.

Kamu bisa memanfaatkan waktu istirahatmu untuk memperoleh energimu kembali. Namun, perlu diingat bahwa kamu harus melakukan batasan untuk istirahat, karena terlalu lama beristirahat justru akan membuat waktumu terbuang untuk bermalas-malasan.

Nah, itulah beberapa tips untuk meningkatkan motivasi belajarmu dalam menghadapi UAS. Jadi, apakah kamu sudah siap untuk menerapkan semuanya?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again