Categories

Tips

Tips Menyusun “Pitch Deck” untuk Startup

Ada 14 kerangka yang harus diperhatikan dalam menyusun pitch deck yang baik mulai dari cover, summary, problem, hingga financial

Yenny Yusra - 27 June 2016

Sebagai seorang entrepreneur, Anda harusnya akrab dengan 10-14 halaman slide presentasi yang merupakan ciri khas pitch deck ke investor. Tapi, apakah Anda tahu kenapa butuh pitch deck atau apa yang harus Anda letakkan di pitch deck Anda agar investor tertarik? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda harus paham terlebih dahulu apa yang diinginkan oleh investor.

Investor pada dasarnya mengharapkan pengembalian dari investasi yang telah diberikan sebanyak 10-20 kali lebih besar jumlahnya. Jadi, apa yang mereka cari pada tiap pitch? Mereka itu investor dan sebagai investor ada dua bidang yang akan dilihat dalam tiap pitch, Return dan Risk. Peluang mendapatkan kembali investasi (Return) dan peluang resiko untuk tidak mendapatkannya (Risk).

Dalam tips yang dibagikan oleh serial entrepreneur Malcolm Lewis,  akan dijelaskan 14 kerangka yang baik dalam membuat pitch deck yang bisa mengambil perhatian investor.

Cover slide

Jelaskan apa yang Anda lakukan dalam sebuah pernyataan deklaratif sederhana di Cover Slide untuk memberikan gambaran perusahaan yang ingin Anda bangun kepada investor. Bila perlu, tambahkan juga beberapa testimoni dari pengguna produk Anda dilengkapi dengan gambar-gambar menarik yang mendukung poin penting yang ingin disampaikan. Gunakan cover slide untuk menarik perhatian investor dalam 10 detik pertama untuk mendapatkan 20 menit perhatian berikutnya.

Summary slide

Ringkas yang ingin Anda soroti dalam Summary Slide sebelum menjelaskan lebih jauh. Bisa berisi berisikan visi dan misi, produk yang dibuat, dan target pasar atau tekankan peluang bisnis dan cara meminimalisir risiko pasar, produk, dan eksekusi. Berikan juga data dan informasi dari traksi bila ada. Dengan demikian investor tidak perlu menunggu pitch hingga selesai untuk tahu seperti apa produk yang Anda tawarkan dan latar belakang dari startup Anda.

Problem slide

Jelaskan masalah Anda di Problem Slide dengan cara yang sederhana yang bisa dipahami oleh tiap investor. Identifikasi orang-orang yang terkait dengan masalah tersebut karena mereka adalah target dan calon pengguna Anda. Ketika Anda berhasil menguraikan masalahnya, ini akan menjadi fondasi untuk menciptakan solusi yang tepat dan Anda bisa lanjut ke slide berikutnya yang menjelaskan solusi Anda dan kompetitor.

Solution slide

Jika di Problem Slide Anda menguraikan kendala dan bagaimana target pasar mengatasinya sebelum Anda hadir, di Solution Slide jabarkan apa solusinya. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti investor, apakah layanan Anda berbentuk aplikasi, situs, atau softwareJelaskan juga keuntungan yang bisa didapatkan oleh konsumen, apakah produk Anda bisa memotong jumlah pengeluaran, mempercepat kebutuhan dari pelanggan, atau lainnya.

Uraikan semua solusi tersebut dengan lengkap kepada investor dalam Solution Slide di pitch deck Anda. Pastikan juga bahwa produk Anda user friendly, mudah digunakan, dan sesuai dengan target pasar sehingga produk bisa lebih gampang ditawarkan dan dijual.

Product slide

Di Product Slide yang wajib Anda uraikan adalah bagaimana proses penggunaan produk. Idealnya ini hanya berlangsung dalam tiga tahap saja dan dilengkapi dengan screenshot yang menggambarkan cara pemakaian produk. Jika berbentuk video, pastikan tidak terlalu lama dan bisa memberikan penjelasan yang lengkap dalam waktu singkat.

Product Slide juga merupakan kesempatan yang baik untuk menunjukkan teknologi apa yang Anda gunakan dan pastikan bahwa produk tersebut tidak mudah ditiru oleh kompetitor.

Business model slide

Business Model Slide memuat gambaran bagaimana Anda melakukan monetisasi. Investor umumnya memilih aliran pendapatan aktif (pelanggan membayar) dibandingkan aliran pendapatan pasif (iklan atau afiliasi). Jadi, fokus pada penjelasan bisnis model utama Anda untuk pemasukan yang potensial. Bila perlu, tambahkan bukti pelanggan yang menggunakan dan membayar produk Anda untuk membuktikan bahwa produk Anda dibutuhkan. Secara tidak langsung ini menjadi validasi bagi produk Anda.

Market opportunity slide

Pasar Anda adalah kumpulan orang-orang yang akan membayar untuk menggunakan produk atau jasa Anda. Umumnya investor ingin melihat dua analisis pasar, top-down dan bottomup. Jika baru memulai, disarankan untuk menggunakan bottom-up.

Analisis top-down bisa menunjukkan tiga ukuran pasar, Total Addressable Market (TAM), Serviceable Addressable Market (SAM), dan Serviceable Obtainable Market (SOM). Jangan menggunakan angka global kecuali ingin menjadi bisnis global. Masukkan tingkat pertumbuhan (CAGR) karena investor lebih suka berinvestasi di pasar yang sedang berkembang dibandingkan dengan pasar yang tersendat atau merosot.

Analisis bottom up menjabarkan dua asumsi dasar bagi investor, yaitu jumlah pelanggan (atau transaksi nasabah) dan rata-rata harga yang dibayar per pelanggan (atau transaksi) per tahun untuk produk. Analisis ini menggunakan matematika sederhana untuk mengukur peluang pasar dan harapannya investor akan setuju bahwa asumsi Anda sudah cukup.

Competition slide

Ketika waktunya untuk menjabarkan siapa saja kompetitor Anda, jangan pernah mengungkapkan bahwa saat ini Anda tidak memiliki kompetitor. Hal ini akan berimbas kepada kredibilitas Anda. Produk yang tidak memiliki kompetitor bisa terkesan menjadi produk yang tidak terlalu dibutuhkan oleh masyarakat. Anda wajib untuk menjelaskan siapa saja kompetitor Anda dan berikan satu hingga dua alasan mengapa produk Anda lebih baik dari produk kompetitor Anda.

Growth slide

Slide ini membahas risiko eksekusi. Investor ingin diyakinkan bahwa Anda tahu bagaimana mengubah produk kompetitif untuk pasar yang besar, tumbuh menjadi bisnis besar dan berkelanjutan dan setiap bisnis yang sukses mengeksekusi dengan baik pada tiga kegiatan operasional berikut:

Akuisisi pelanggan: Bagaimana penjualan Anda dan tim pemasaran menciptakan kesadaran dan menghasilkan permintaan untuk produk Anda untuk memperoleh pelanggan baru?

Retensi Pelanggan: Bagaimana tim Customer Service Anda mempertahankan pelanggan yang sudah menyukai produk sehingga Anda tidak kehilangan mereka dari kompetitor?

Inovasi produk: Bagaimana tim Pengembangan produk Anda tetap meningkatkan dan memperluas solusi sehingga tetap kompetitif ?

Ada tiga angka yang sangat penting (metrik kunci) Anda perlu menjelaskan kepada investor untuk menunjukkan bahwa Anda memiliki bisnis yang layak, yaitu Customer Acquisition Costs (CAC), Lifetime Value of Customer (LTV), dan Payback Period.

Traction slide

Ini adalah salah satu slide yang paling penting dalam pitch deck Anda. Ada tiga hal yang menggaris bawahi aspek risiko yang dicoba untuk diminimalkan oleh investor ketika mengevaluasi Anda, yaitu risiko pasar, risiko produk dan risiko eksekusi.

Jika Anda memperoleh pelanggan harus ada pasar untuk produk Anda, Anda harus memiliki produk yang kompetitif, dan Anda telah menunjukkan keahlian operasional yang cukup untuk berhasil memasarkan dan menjual produk Anda.

Satu-satunya pertanyaan adalah apakah Anda dapat meniru keberhasilan di awal dan menjaga produk Anda kompetitif seiring dengan pertumbuhan bisnis?

Financial slide

Finansial Slide adalah perkiraan mengenai pendapatan, biaya, dan pengeluaran selama tiga tahun ke depan. Jumlah tersebut tidak begitu penting selama tidak terlalu kecil yang bisa terlalu menarik perhatian investor, namun juga jangan berlebihan dengan menuliskan jumlah yang terlalu besar.

Idealnya adalah berikan perkiraan jumlah yang menyoroti asumsi utama model bisnis Anda seperti pendapatan dan jumlah uang yang akan dihabiskan untuk pemasaran, penjualan, pengembangan produk, dan layanan pelanggan. Investor kemudian akan memutuskan apakah asumsi Anda tersebut cukup masuk akal.

Team slide

Dalam slide ini, tampilkan siapa saja anggota tim Anda. Investor biasanya ingin melihat apakah startup memilki seorang CTO, COO, CMO, dan staff lain yang bakal mendukung jalannya perusahaan. Banyak juga investor yang menyukai jika anggota tim sebelumnya telah memiliki pengalaman bekerja di startup yang sukses. Slide ini bisa menunjukkan bahwa anggota tim cukup kerdibel dan ahli dalam bidangnya.

Funding slide

Sekarang saatnya untuk meminta uang. Dalam contoh ini, Gleamr meminta $ 2M yang dibutuhkan untuk menjalankan rencana keuangan mereka di tahun pertama. Rencana ini mengidentifikasi dengan jelas traksi apa (pengguna, pelanggan, dan pendapatan) yang investor akan harapkan dan berapa banyak uang yang diinvestasikan nantinya akan dialokasikan di berbagai operasional perusahaan, termasuk Sales & Marketing, Customer Support, dan Pengembangan Produk.

Summary slide (terakhir)

Untuk menampilkan kesimpulan secara keseluruhan pitch deck Anda, disarankan untuk mencantumkan slide summary terakhir yang mennyoroti poin-poin penting dari visi dan misi serta hal-hal terkait lainnya.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter