16 April 2013

by wiku

Toilet yang Bisa Dikendalikan oleh Smartphone Diminati Pengguna Jepang

Salah satu produsen perlengkapan rumah tangga membuat sebuah toilet duduk yang memungkinkan diatur lewat smartphone. Adalah Lixil Corp. yang mengembangkan toilet ini dan menyediakannya untuk pasar Jepang. Toilet ini telah diperkenalkan sejak akhir tahun lalu namun baru mulai dijual bulan Februari 2013.

Toilet ‘pintar’ ini bisa dikontrol lewat aplikasi Android yang tersedia di perangkat pintar. Toilet ini diberitakan terjual 20% lebih banyak dari ekspektasi penjualan setelah diluncurkan bulan Februari lalu.

Selain memungkinkan untuk mengatur temperatur tempat duduk, men-tap untuk melakukan flush serta menyimpan ‘diary’ untuk mengatur kesehatan, toilet ini pun dilengkapi dengan built-in speaker untuk memutar musik yang telah diunduh di smartphone.

Pengguna pertama-tama harus mendaftarkan posisi dan berbagai pengaturan yang diinginkan dan ketika memasuki ruang toilet, aplikasi yang ada di smartphone akan menyesuaikan dengan pengaturan yang telah dilakukan. Toilet ini pun bisa menghitung berapa kali penggunaan untuk memberikan informasi penggunaan air dan tagihan listrik.

Lixil mengatakan bahwa, toilet ini dikembangkan atas perkembangan perilaku dimana semakin banyak orang yang membawa smartphone mereka ke kamar mandi. Di Jepang, toilet ini dijual seharga 345,000 yen dan 371,000 yen ($3,501 dan $3,765), belum termasuk pajak.

Hmm, Anda tertarik memiliki toilet 'pintar' ini?

Sumber artikel dan gambar: ajw.asahi.com.