1. Startup

Tokokoo - Cara Termudah Untuk Membangun Toko Online Anda - Buatan Lokal - Skala Internasional

Kalau mau dibilang memang lumayan banyak web designer lokal yang mendapatkan nafkahnya dari bisnis bikin Wordpress Theme.  Ada banyak malah yang pelanggannya dari luar negeri.  Tapi biasanya mereka ini tipe-nya 'one man band', alias perorangan saja.  Masih jarang yang saya lihat ada yang membangun satu tim dimana orang-orang yang ada di dalam tim tersebut mempunyai keahlian yang khusus di bidang masing-masing yang menunjang bisnis tersebut.

Tokokoosaya adalah salah satu yang melakukan ini.  Walaupun kalau mau jujur, tim Tokokoo memang bukan tim dadakan yang digabungkan pada waktu Tokokoo didirikan.  Tapi tim yang ini sudah tergabung sebelumnya di iCreativeLabs, sebuah Web Design Agency lokal.

Dari awalnya coba-coba dan karena 'capek' dikejar-kejar deadline dari klien, Tokokoo didirikan sebagai bisnis provider Premium Wordpress Theme, yang mempunyai fokus di bidang eCommerce.  Selain pelanggan bisa membeli Wordpress Theme yang Premium, Tokokoo juga menyediakan Theme yang gratisan.  Nama-nama Theme ini pun bikin saya ketawa sendiri, karena artinya 'lokal' sekali, misalnya: Kakileema, Bangkoo, Dangdoot dan Kelontong :)

Bagaimana awal mula terbentuknya Tokokoo ini, dan untuk menjelaskan lebih lengkap lagi layanan-layanan yang disediakan Tokokoo, saya menodong Anggi Krisna, kapten dari tim Tokokoo untuk diwawancarai, yang hasilnya bisa anda nikmati dibawah ini:

Bagaimana sejarah terbentuknya Tokokoo? Akhir tahun 2009, tepatnya dibulan oktober kita hanya iseng membuat sebuah theme WP bersama teman-teman icreativelabs dengan theme bernama Majalahku yg bertema magazine style. Alhamdulillahnya gak terlalu laku :P, tapi ada sih yg beli :D. Yah bisa dibilang ini hanya sebuah percobaan menuju sebuah product, karena kami memang awalnya hidup dengan uang dari client (alias project base). Rasanya project base ini yg selalu di kejar deadline klien yg membuat jenuh dan cape sekali. Nah dengan adanya product dengan masal inginnya kita TIDAK dikejar klien, tapi sangat dikejar kreatif :D. Bulan desember mulai lah kita puter otak untuk mencoba ke hal2 yg niche dan masih didunia WP (Wordpress). kenapa WP ? MUDAH :) dan banyak FANSnya dan paling mudah buat orang awam dibanding Open source lainnya. Tapi paling berat juga untuk mau berjuang di dunia ini, karena provider theme diseluruh dunia sangat banyak, yg terhitung saat ini di WordPress.org sudah ada 60 theme provider besar. setelah selidik sana sini, kita bermain didunia eCommerce, everybody love it and semua yg punya mau jualan pasti punya duit, masa gak mau bayar theme buat ecommerce :P. Ide awal yg sangat ringan. Kita juga gak mau membuat ecommerce plugin dari awal, pastinya CAPE dan harus memperkenalkan ke user lain bahwa yg punya kita lebih baik dari pada punya mereka. Akhirnya kita putuskan menggunakan WPecommerce bawaan Getshopped "bapaknya ecommerce didunia WP". Mereka pun sudah punya pasar sekitar 750.000 downloder... hal yg sangat menggiurkan :). Awalnya kita buat 1 theme dengan nama AppCloud yang support wpecommerce plugin. Kita kasih cuma2 (FREE) dan ternyata antusiasnya sangat tinggi hingga kami bisa di featured diberbagai situs SmashingNetwork, coba saja cari di google.com :). Karena banyak yg suka, maka kami buat versi premiumnya dengan menambahkan control panel di theme kami. Benar saja, Bulan januari kita sudah mampu menjual 14 themes dengan harga satuan $25/theme. Lumayan buat bayar internet :P dan tambah2 operasional kantor. Februari - Maret kita tembus menjual 50-an themes dan April tembus 70an themes. karena sepertinya hasilnya sangat menggiurkan, perbulan Mei kami berencana mencari seorang investor untuk membackup brand baru yaitu TOKOKOO, yg awalnya kita hanya jual theme di website blognya ICREATIVELABS. yes got it hanya dalam waktu 1 bulan kita di Funding sebesar $20.000 oleh seorang Angel asal Cirebon. Start bulan Juni kita ubah nama dan fokus dgn Brand TOKOKOO, sebuah provider theme wordpress yg fokus didunia ecommerce.
Siapa saja yang tergabung di Tokokoo? Awalnya saya (Anggi Krisna, creative directornya icreativelabs) dan Setyagus Sucipto Lead programmer iCreativelabs. tapi sejak Agus mulai fokus di Gantibaju.com, sayapun keluar dari team inti gantibaju dan fokus di tokokoo dan aguspun keluar dari tokokoo untuk fokus ke gantibaju. Lainnya adalah team icreativelabs yg kita clone menjadi team tokokoo khusus dengan role sebagai berikut 1 web designer graphic, 2 programmer, 1 Frontend developer, 1 penulis. sehingga totalnya 6 orang. [Untuk melihat punggawa-punggawa iCreativeLabs, silahkan dilihat disini]
Layanan apa saja yang disediakan oleh Tokokoo dan berapa saja harganya? Saat ini kita fokus di dunia WordPress eCommerce, tapi kedepan kami akan bergelut dengan ecommerce tools lainnya. kita sudah bekerja sama dengan dapurpixel untuk provide prestashop dengan menggunakan theme yg sama seperti wordpress. Harganya kita sudah merubah hingga 3 kali, dari yg awalnya $25, lalu menjadi $35 (single license) dan $75 (development license). Per November ini menjadi $59,95 (single license) dan $129,95 (development license)
Apa saja sumber-sumber monetisasi dari Tokokoo? Pertama, pastinya jualan Theme sebagai sumber monitize utamanya. lalu yg kedua kami dalam waktu dekat akan membuka private marketplace dengan share 60% untuk partner dan 40% utk tokokoo. bisa dilihat disini. Prestashop theme akan bersama Dapurpixel.com, kedepan akan membuka peluang dengan partner baru. Ketiga, kami membuka tokokoo network dan sudah publish dengan nama WPCharity. Lainnya akan segera menyusul :)
Apa saja rencana kedepan Tokokoo? Banyak sekali, dan kita berusaha menjalankannya satu persatu, pastinya harus stabil dulu baru kita bisa lanjut ke hal2 lainnya. dibulan desember insyaallah akan ada network tokokoo baru dan another partner di private marketplace kita (sudah 2 partner lagi kita gaet :D) Job board dibualn Januari 2011 akan segera luncur juga, karena banyak yg mau custom theme kita, sehingga kami membuka peluang kepada para developer untuk join membantu kita untuk kustom theme2 kita. sudah pasti another monitize. Lainnya kita punya rencana publish dedicated wordpress ecommerce, seperti juale or tokopedia. jadi user bisa menggunakan theme dan dedicatedserver kita untuk jualan barang2nya, takut dengan mereka. NOPE!  ada baiknya dicoba dari pada menyesal dikemudian hari :) So, ada yg mau funding ke kita hehehehe :D, we have a business roadmap :P

Saya pikir menarik sekali untuk dicermati sepak-terjang dari Tokokoo, dari mulai pertama idenya dikeluarkan, kemudian langsung uji-coba. Sampai bisa dapat Angel Investor dan sekarang kurang-lebih berjalan lancar. Menurut saya ini adalah bukti dari startup yang tidak hanya punya ide saja tapi juga berani untuk melaksanakannya. Satu lagi hal penting disini adalah, sebuah tim yang sukses, biasanya tergantung dari anggota-anggotanya. Saya lihat dari Tokokoo, selain setiap anggota yang tergabung di tim ini memang piawai di bidangnya masing-masing, mereka juga punya dorongan untuk menuju keberhasilan bersama.

Siapa lagi yang mau ikutan?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again