Categories

Berita

Tokopedia Hadirkan Laman Khusus Jakarta untuk Dukung UMKM Lokal Goes Online

Jakarta kota ketiga setelah Bandung dan Semarang yang hadir dalam laman khusus Tokopedia

Marsya Nabila - 8 May 2017

Tokopedia kembali menghadirkan laman khusus untuk dukung UMKM lokal goes online. Kali ini provinsi yang disasar adalah DKI Jakarta, setelah sebelumnya menggaet Bandung dan Semarang. Saat ini diklaim jumlah UMKM yang telah tergabung dalam laman khusus tersebut sebanyak 400 UMKM.

Laman Kota adalah inisiatif yang dilakukan Tokopedia dengan pemerintah kota setempat dalam menunjang ekonomi inklusif. Sesuai dengan program Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian RI dan misi Presiden Jokowi dalam mewujudkan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital terbesar di ASEAN pada 2020.

Laman khusus tersebut tidak hanya menampilkan produk-produk buatan UMKM lokal tetapi juga identitas secara detil UMKM binaan BUMD Jakarta. Selain itu, tersedia artikel seputar Jakarta dan kalender acara terkini yang akan diselenggarakan sekitar Ibukota.

[Baca juga: Raksasa E-Commerce Tiongkok JD Dikabarkan Berminat Berinvestasi di Tokopedia]

“Jakarta selain menjadi pusat ekonomi dan bisnis juga memiliki banyak UMKM lokal yang kreatif dan BUMD dengan produk yang mampu bersaing dengan pasaran. Semoga melalui Tokopedia, Laman Kota Jakarta, karya mereka dapat semakin dikenal dan tersalurkan kepada masyarakat Indonesia,” kata Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama dalam keterangan resmi yang diterima DailySocial.

Tampilan Laman Khusus Jakarta
Tampilan Laman Khusus Jakarta

CEO Tokopedia William Tanuwijaya menambahkan UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia dengan kontribusi sebesar 58% terhadap GDP, namun kebanyakan prosesnya masih offline. Padahal, di sini ada lebih dari 100 juta pengguna internet.

“Yang dibutuhkan UMKM yang belum online, bukan sekadar akses ke pasar. Hal yang tidak kalah penting adlaah pelatihan sehingga produk memiliki daya saing, akses ke infrastruktur dan tak jarang akses ke permodalan. Kerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta inilah yang akan menjadi solusi hulu ke hilir,” kata William.

Berdasarkan peningkatan transaksi bisnis, hingga April 2017 UMKM asal Jakarta diklaim telah menjual sebanyak 9,79 juta produk ke seluruh Indonesia. Angka ini tumbuh 183 kali lipat atau senilai 53.589 produk pada lima tahun lalu.

Tak hanya memberikan wadah berjualan untuk UMKM, Tokopedia juga memberikan keterbukaan akses untuk pemprov untuk menganalisa produk asal Jakarta mana saja yang diminati orang Indonesia. Hal tersebut bertujuan untuk membantu pemprov dalam mengambil keputusan sebelum memutuskan inisiatif atau kebijakan baru dalam mendukung perkembangan UMKM.

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter