1. Startup

Tonehighway.com Kini Dengan Tampilan Baru

Masih ingat dengan Tonehighway? DailySocial beberapa kali mengulas tentang layanan pemutar musik via web ini, terakhir kami menuliskan informasi tentang layanan ini pada akhir bulan September. Kini mereka tampil dengan desain dan fasilitas baru. Kalau melihat akun Facebook mereka, perubahan tampilan dan fasilitas baru yang ada di Tonehighway ini sepertinya mulai diterapkan akhir bulan Mei lalu.

Tonehighway memungkinkan pengguna mereka untuk mendengarkan koleksi musik (yang sebagian besar musik sidestream) sambil membaca berbagai informasi tentang pemusik tersebut, seperti biografi, jadwal acara, gambar dan beberapa informasi lain. Pengguna juga bisa membagikan musik favorit yang mereka dengar ke jejaring sosial pilihan mereka.

Perubahan yang terjadi cukup besar karena mengubah hampir seluruh tampilan situs mereka termasuk juga cara pengguna berinteraksi dengan layanan mereka. Jika sebelumnya tampilan mereka berfokus hanya pada fitur pemutar lagu kini tampilan mereka lebih mirip jejaring sosial dengan 'bar' untuk memutar musik pada bagian bawah, yang bisa terus memainkan lagu sambil pengguna menjelah informasi seputar pemusik yang lagunya sedang diputar.

Pada halaman awal Anda akan disuguhkan dengan tampilan yang lebih ramai dari Tonehighway sebelumnya, di sini Anda bisa memilih berbagai fasilitas yang ada, memilih langsung artis dari foto profil mereka, melihat track lagu apa yang terakhir diputar oleh pengguna lain serta melihat daftar genre musik dan daftar pengguna yang terakhir aktif di Tonehighway.

Anda bisa langsung memilih artis favorit Anda dan mendengarkan musik yang tersedia di Tonehighway. Desain dan tampilan pemutar musik juga kini terletak di bayah dan berbentuk bar memanjang, dengan efek gradasi untuk menampilkan daftar lagu yang ada di playlist Anda, jadi ketika Anda menjelajah profil artis yang musiknya sedang diputar, tampilan ini tidak terlalu mengganggu.

Anda juga bisa membuat playlist dari berbagai track yang ada di koleksi Tonehighway, tentunya Anda harus login untuk menikmati fasilitas ini. Selain itu ada juga fasilitas 'antrian' yang memudahkan jika Anda ingin membuat daftar lagu yang menemani aktivitas berinternet Anda. Ini bisa jadi salah satu fasilitas yang akan saya sukai.

Kembali ke halaman awal, Anda juga bisa menjelajah berbagai fasilitas atau informasi yang ada di Tonehighway lewat pilihan menu di bagian atas, termasuk pilihan untuk melihat dan membuat playlist. Tonehighway juga memberikan pilihan rekomendasi lagu bagi pengguna mereka. Tidak lupa ada juga fasilitas sosial seperti rekomendasi, menjadi fans pemusik tertentu atau 'Like".

Saya setuju dengan beberapa teman saya, jika tampilan mereka yang terdahulu mengingatkan kita pada TheSixtyOne.com maka tampilan mereka kali ini mirip dengan Groveshark, tidak semua elemennya memang hanya playlist yang tampil di bagiah bawah serta cara menampilkan daftar track lagu, namun seperti yang saya jelaskan sebelumnya, Tonehighway kini lebih mirip jejaring sosial dari pada hanya sebagai pemutar musik berbasis web.

Perubahan yang cukup menarik, meski kini tampilannya bagi saya menjadi terlalu ramai, namun sepertinya Tonehighway mau mengambil pasar pengguna di Indonesia yang senang dengan elemen sosial, dimana ada banyak pilihan menu yang bisa dijelajah tidak hanya pemutar musik saja sebagai fasilitas utama.

Saya sendiri mencoba beberapa lagu dan kualitas suara koleksi musik yang ada cukup baik, buffer time juga jauh lebih baik dari versi awal mereka, seperti yang pernah dituliskan di DailySocial, kini Anda bisa mengulang sebuah lagu di bagian tertentu. Sayangnya loading di situs mereka masih cukup lambat dan tentu, jumlah koleksi harus selalu ditambah. Salah satu fasilitas yang saya tunggu adalah unduh dan beli lagu, yang button-nya telah ada namun belum bisa digunakan, akan sangat menarik tentunya melihat bagaimana strategi Tonehighway dalam menerapkan fasilitas ini.

Ok, silahkan menuju ke Tonehighway untuk mencoba tampilan dan fasilitas baru di situs mereka dan jangan lupa untuk memberikan pendapat Anda pada kolom komentar.

Thanks Daus for the tip.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again