Categories

Gadget

Panasonic Perkenalkan Tablet dan Smartphone Tangguh Baru, Toughbook FZ-L1 dan Toughbook FZ-T1

Keduanya dirancang sekokoh "tank" dengan rancangan yang dibuat lebih ramping

Bambang Winarso - 27 July 2018

Smartphone dan tablet tangguh (rugged) bukanlah hal baru, sejumlah pabrikan sudah pernah menawarkannya ke publik. Perangkat yang menonjolkan daya tahan ini semuanya memiliki satu kesamaan, yakni dibuat dari material yang keras dan dirancang kokoh seperti “tank”.

Panasonic adalah satu dari sedikit pabrikan yang konsisten menawarkan perangkat semacam itu. Yang terbaru, mereka memperkenalkan dua perangkat smartphone dan tablet tangguh Toughbook FZ-T1 dan Toughbook FZ-L1 yang sama tangguhnya dengan senior-seniornya.

Dari segi tampilan, Panasonic Toughbook FZ-T1 dan Toughbook FZ-L1 terlihat lebih ramping setelah kehilangan bumper karet yang memang memberi kesan tebal dan berat.

Spesifikasi Panasonic Toughbook FZ-L1

fz-l1_right_ss

 

Panasonic Toughbook FZ-L1 menjalankan Android 8.1 Oreo dengan tampilan layar 7 inci HD (1280×720 piksel) yang mendukung multi-touch 10 titik. Jeroannya dihuni prosesor Qualcomm MSM8909 yang menghasilkan kecepatan clock di 1.1GHz dan dipasangkan dengan RAM sebesar 2GB.

Untuk menjepret objek, Panasonic Toughbook FZ-L1 membawa kamera belakang 8 megapiksel dengan lampu kilat LED tanpa dukungan kamera depan. Jadi, tak ada kesempatan pemiliknya untuk mengambil foto selfie. Ruang simpan yang disediakan hanya sebesar 16GB, tapi dapat diperluas melalui kartu microSD.

Spesifikasi Panasonic Toughbook FZ-T1

Model ini juga menjalankan Android 8.1 Oreo tapi ditampilkan di penampang layar yang lebih kecil, yaitu 5 inci HD dengan resolusi 720×1280 piksel. Seperti FZ-LI, model smartphone juga mendapatkan dukungan mode Glove dan Rain sehingga dapat merespon sentuhan tangan yang terbungkus sarung tangan dan guyuran hujan.

panasonic_fz_t1

 

Sementara untuk menghadirkan performa, Panasonic  memilih chipset Qualcomm Snapdragon ARM Cortex-A dengan kecepatan clock di 1.1GHz dan didukung oleh RAM sebesar 2GB. Panasonic Toughbook FZ-T1 ditenagai oleh baterai 3200mAh dengan fungsi “warm swap”. Perusahaan mengklaim bahwa baterai ini akan menyediakan pasokan daya hingga 12 jam dengan mode akses data aktif berkelanjutan.

 

Baik Toughbook FZ T1 maupun L1 diklaim dapat bertahan meskipun jatuh dari ketinggian 5 kaki dan memenuhi standar MIL-STD-810G untuk bertahan dari situasi ekstrim seperti menahan terpaan debu dan air serta standar IP68 sehingga perangkat dapat bertahan selama 30 menit saat direndam di kedalaman 5 meter. Panasonic belum mengumumkan harga jual untuk masing-masing model, tapi menyebut harga dasarnya dimulai dari $1,499.

Sumber berita Engadget, Panasonic 1 dan 2.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id