1. Startup

TRAFI ingin Sajikan Solusi Pintar untuk Mobilitas Masyarakat Jakarta

Menyajikan informasi real time untuk perencanaan pemanfaatan moda transportasi umum

Pada permasalahan tata kota, isu transportasi menjadi salah satu yang paling krusial, terlebih jika mengambil studi kasus kota seperti Jakarta. Hal tersebut yang ingin coba disasar oleh startup asal Lithuania, TRAFI. Menggunakan pendekatan berbasis digital, dengan mengumpulkan dan mengintegrasikan beragam informasi seputar transformasi publik, TRAFI mencoba memberikan sajian analisis yang relevan untuk masyarakat yang melakukan mobilitas di Jakarta.

Disampaikan oleh Country Manager TRAFI Indonesia Dimas Dwilasetio dalam pengenalannya dengan DailySocial, misi TRAFI adalah smartest urban mobility planner. TRAFI mengkombinasikan algoritma sains dengan informasi trafik lalu-lintas yang terhubung dengan data dan laporan pengguna. Akurasinya dinilai mampu mencapai 200% memberikan informasi yang pas bagi pengguna komuter di Jakarta.

Menurut Dimas, hal tersebut sesuai dengan kebutuhan warga ibukota. Umumnya kesulitan terbesar soal transportasi ialah memilih moda yang sesuai untuk bisa mencapai tujuan secara tepat waktu. Saat ini untuk melakukan perjalanan di ibukota pilihannya sudah semakin banyak, mulai dari transportasi umum konvensional hingga layanan on-demand. Polanya jika ingin mengetahui ketersediaan masing-masing layanan, pengguna harus membuka aplikasi berbeda dan melakukan analisis secara mandiri.

Permasalahan tersebut yang ingin dikelola TRAFI. Dengan aplikasi tunggal semua informasi tersebut disajikan. Estimasi pun ditampilkan untuk mendapatkan pilihan terbaik mencapai destinasi tujuan.

Hadir di Indonesia sekitar pertengahan tahun ini, TRAFI memperkenalkan dirinya sebagai sistem informasi real-time untuk pelacakan jadwal dan posisi transportasi umum di Jakarta, khususnya TransJakarta dan KRL Commuter Line. Aplikasi memberikan update jika terjadi keterlambatan jadwal atau kondisi perjalanan angkutan tersebut saat ini. Dengan data tersebut maka diharapkan pengguna dapat mengatur sebuah perencanaan mobilitasnya.

TRAFI didesain menjadi sebuah aplikasi yang dapat dimanfaatkan secara online dan offline. Beberapa fitur yang disematkan di antaranya pencarian rute, penjadwalan transportasi, peta pergerakan kendaraan real-time, informasi kendaraan yang datang di jadwal berikutnya, berita lalu lintas terkini, dan menu pelaporan untuk memberitahu TRAFI terkait kondisi pada rute transportasi oleh pengguna.

Dibutuhkan integrasi antar layanan untuk menciptakan smart urban solution

Kenyataannya permasalahan tata kota di ibukota tak sesederhana itu. Menciptakan pola tata kota pintar tak bisa dilakukan hanya dalam satu arah. Perlu adanya sebuah desain integrasi layanan yang menyeluruh. Permasalahan transportasi sendiri disebabkan (salah satunya) karena banyaknya pengguna jalan dengan berbagai kepentingan yang memilih memanfaatkan kendaraan pribadi, dengan dalih kelayakan, ketersediaan dan sebagainya. Apa yang disediakan TRAFI dapat menjadi salah satu pilihan aliran informasi.

Pengembangan solusi berbasis smart city yang mengatur berbagai hal, termasuk transportasi, tengah digencarkan di Jakarta. Masih sebatas menampung dan menganalisis informasi, tetapi arahnya menjurus pada pengaturan berkelanjutan tata kota yang lebih dinamis.

Ketika beragam layanan publik dapat tersatukan memberikan rujukan jelas seputar kondisi di masyarakat yang ada saat ini, maka strategi terbaik untuk tatanan kota pun bukan cuma isapan jempol saja. Di sini peran serta berbagai pihak perlu disinergikan.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again