Informasi lengkap mengenai transportasi umum mungkin menjadi hal yang sangat dibutuhkan bagi pengguna moda transportasi umum di kota Jakarta. Ruten yang cukup rumit serta jenis transportasinya yang beragam membuat informasi transportasi umum yang mudah diakses wajib menjadi pegangan. Untuk mengakses informasi tersebut, salah satu startup baru bernama TransportUmum menawarkan solusinya.

Untuk mengetahui seluk beluk perkotaan, umumnya peta memegang peranan yang kuat untuk menampilkan informasi yang dibutuhkan. Di sinilah kegunaan utama TransportUmum. Dengan informasi berbasis peta, TransportUmum menampilkan hampir seluruh jalur rute transportasi umum yang tersedia di seluruh wilayah Jabodetabek, mulai dari rute angkutan umum, bus kota, bus TransJakarta, hingga KRL/Commuter Line.

Saat ini, pencarian rute dalam TransportUmum masih memanfaatkan pencarian berbasis kata kunci. Pengguna cukup memasukkan daerah atau lokasi mana yang ingin dituju kemudian TransportUmum akan menampilkan daftar transportasi umum yang tersedia untuk menuju lokasi yang dimaksud. Tampilannya dilengkapi dengan informasi peta yang diambil dari Google Maps agar lebih memudahkan pencarian. Jika pencarian masih dirasa sulit, admin TransportUmum dapat membantu dengan panduan secara interaktif di kolom pilihan “Tanya”.

Fungsi TransportUmum yang sedemikian sederhana sayangnya belum menghadirkan layanan dan fitur yang prima bagi pengguna. Beberapa hal yang semestinya ada pada setiap layanan direktori. seperti pencocokan lokasi pengguna berbasis GPS, belum ditemukan dalam TransportUmum. Hal ini bisa saja berkaitan dengan pengembangan lebih lanjut yang tengah digarap oleh pengembangnya sembari menggalang dana melalui platform Wujudkan.

Di halaman profilnya, tim pengembang TransportUmum yang dipimpin oleh Nugroho Budianggoro menyebutkan bahwa pengembangan TransportUmum akan fokus melengkapkan data dan informasi ratusan rute transportasi umum yang tersedia. Mereka juga berharap melakukan pelebaran layanan untuk bisa hadir di sejumlah kota besar yang lain. Dalam upaya crowdfunding-nya di Wujudkan, pengembang menargetkan bisa mengumpulkan dana pengembangan sebesar Rp 5 juta. Dengan jumlah yang dibutuhkan tak begitu besar, targetnya diharapkan bisa terkumpul sebelum tenggang waktu yang jatuh pada pertengahan September 2014 mendatang.

Masuk di kompetisi layanan direktori online, TransportUmum akan berhadapan dengan banyak kompetitor — yang beberapa memiliki keunggulan di ranah mobile. Salah satu pesaing kuat adalah aplikasi DariSini yang punya informasi direktori yang jauh lebih interaktif. TransportUmum membutuhkan upaya dan inovasi yang lebih segar agar mampu bersaing di segmen yang kian ketat ini.

[Ilustrasi foto: Flickr/pedje]