Categories

Berita

Traveloka Jadi Situs Pemesanan Kamar Hotel dan Tiket Pesawat Terpopuler Menurut Survei Nusaresearch

Amir Karimuddin - 26 January 2015

Nusaresearch baru-baru melakukan survei terhadap 612 pengguna Internet tentang layanan pemesanan kamar hotel dan tiket pesawat di Indonesia. Dari semua sisi penilaian, Traveloka menjadi situs yang paling populer di segmen ini di Indonesia. Tiket.com dan Agoda mengikuti di posisi kedua dan ketiga. Yang menarik, meskipun layanan metasearch tidak berjualan secara langsung, Wego menduduki posisi keempat secara keseluruhan.

Survei ini diadakan terhadap 612 responden yang memiliki strata ekonomi A dan B dengan perbandingan yang tidak begitu jauh antara rentang usia 20-30 tahun dan di atas 30 tahun. Meskipun segmen online travel cukup booming dalam 2-3 tahun terakhir, menarik disimak bahwa ternyata Traveloka yang paling populer ternyata baru dikunjungi oleh 69% responden, meskipun hampir 90% mengetahui atau pernah mendengar nama ini. Hal ini berarti masih ada celah untuk berkembang bagi layanan yang bergerak di segmen ini.

Traveloka menjadi raja dalam survei ini. Mereka menjadi yang tertinggi dalam hal top of mind, brand awareness, kehadirannya di berbagai iklan dan promosi, paling dikunjungi, dan yang menjadi referensi utama untuk kunjungan di masa mendatang. Hal ini mungkin tidak mengejutkan bagi mereka yang sudah mengikuti segmen online travel dalam setahun terakhir. Tak heran jika Managing Director Traveloka Ferry Unardi mengklaim sejak tahun 2014 lalu mereka sudah memimpin pasar penjualan tiket pesawat untuk konsumen ritel (B2C).

Di luar positioning Traveloka yang begitu dominan, Tiket.com menjadi runner up di semua metrik yang disajikan oleh Nusaresearch. Traveloka dan Tiket menjadi dua situs lokal terpopuler untuk segmen travel, menggusur Agoda ke tempat ketiga. Hal ini tidak berarti tingkat penjualan dan konversinya berarti juga tergusur, karena Agoda masih menjadi household name di Indonesia untuk urusan pemesanan kamar hotel.

Layanan lokal lainnya, seperti Pegipegi, Nusatrip, Tiket2, atau UTiket, harus bekerja ekstra keras untuk minimal mendapatkan pengenalan yang lebih baik oleh masyarakat.

Situs metasearch Wego, yang memberikan hasil pencarian segmen travel dengan berbagai pihak ketiga, menyeruak di jajaran situs-situs yang dinilai dan memiliki tingkat kunjungan dan brand awareness cukup baik di Indonesia ketimbang sejumlah layanan lokal lain. Booking.com dan TripAdvisor adalah situs-situs asing lain yang bisa masuk ke dalam daftar ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter