Categories

Berita

Trikomsel dan SingPost Bangun Joint Venture E-Commerce di Indonesia

Trikomsel pegang 67% saham dan menjadi anak perusahaan Trikomsel berbasis online kedua dalam enam bulan terakhir

Amir Karimuddin - 9 March 2015

Perusahaan distribusi ponsel Trikomsel mengumumkan rencana pembentukan joint venture dengan SingPost E-Commerce, anak perusahaan Singapore Post. Joint venture ini rencananya akan mengembangkan layanan e-commerce di Indonesia. Trikomsel memegang mayoritas joint venture dengan 67% kepemilikan. Total nilai joint venture saat pendirian adalah $3,3 juta (sekitar 43 miliar Rupiah).

Presiden Direktur Trikomsel Sugiono Wiyono dalam keterbukaannya mengatakan, "Kami antusias, di tengah pertumbuhan e-commerce yang begitu cepat di dunia dan khususnya di Indonesia, kami dapat bekerja sama dengan SingPost dalam mengembangkan bisnis ecommerce di Indonesia”.

Lebih lanjut Sugiono menyebutkan, “Dengan keahlian, teknologi dan sumber daya yang kuat yang dimiliki kedua belah pihak, kami optimis, kerjasama ini akan dapat memenuhi dan memberikan pelayanan yang inovatif bagi para pelanggan kami di seluruh Indonesia dengan cepat, efektif dan efisien yang pada akhirnya akan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak."

Kemitraan akan menggabungkan Trikomsel sebagai pemilik jaringan distribusi dan SingPost dalam operasional logistik dan e-commerce dalam lingkup regional.

Ini adalah langkah kedua Trikomsel dalam enam bulan terakhir untuk menyasar bisnis berbasis e-commerce. Di akhir tahun lalu, Trikomsel mendirikan anak perusahaan TIMI (Trikomsel Internet and Media Inc) yang dipimpin oleh Co-Founder Shopdeca Andreas Thamrin.

Seperti diinformasikan oleh The Business Times, joint venture ini akan mengimpor dan menyuplai barang-barang melalui layanan e-commerce dan peritel online, sekaligus memberikan dukungan untuk membangun platform e-commerce.

CEO SingPost Wolfgang Baier menambahkan, "Indonesia diharapkan akan menjadi konsumen terbesar ketiga di dunia setelah Tiongkok dan India serta ekonomi urutan ketujuh terbesar diseluruh dunia. Sebagai perusahaan regional yang mendorong pertumbuhan e-commerce, penting bagi kami untuk menemukan rekan bisnis yang baik di pasar negara berkembang. Trikomsel memiliki akses dan jangkauan distribusi ritel yang luas di seluruh Indonesia. Trikomsel akan dapat memanfaatkan keahlian kami dalam bidang logistik ecommerce serta inisiatif dan platform bisnis kami untuk mengembangkan bisnisnya.”

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter