Categories

Gadget

Trio Lenovo ThinkPad X1 Baru Resmi Mendarat di Indonesia

ThinkPad X1 Fold, ThinkPad X1 Nano, dan ThinkPad X1 Carbon

Glenn Kaonang - 4 March 2021

Kabar gembira bagi yang telah menanti kedatangan Lenovo ThinkPad X1 Fold. Pada tanggal 4 Maret 2021, Lenovo akhirnya telah resmi mendatangkan foldable laptop pertama tersebut ke Indonesia. Bukan cuma itu, Lenovo Indonesia rupanya juga menghadirkan ThinkPad X1 Nano dan ThinkPad X1 Titanium Yoga sekalian.

Untuk ThinkPad X1 Fold, tentu saja yang menjadi sorotan utama adalah layarnya yang dapat ditekuk-tekuk. Panel OLED beresolusi 2048 x 1536 pixel yang fleksibel ini mempunyai bentang diagonal 13,3 inci ketika dibuka penuh, atau 9,6 inci ketika dilipat. Yang istimewa, X1 Fold sama sekali tidak ringkih dan telah lulus sertifikasi uji standar militer (MIL-STD-810H).

Berdasarkan hasil pengujian Lenovo, engsel milik X1 Fold diklaim bisa bertahan hingga 30 ribu kali buka-tutup, setara dengan waktu pemakaian selama sekitar 4 - 5 tahun. Namun rancangan engsel bukan satu-satunya tantangan yang dijumpai selama pengembangan X1 Fold. Lenovo juga harus memikirkan soal manajemen panas mengingat layar fleksibel beserta engselnya memakan lebih banyak ruang ketimbang layar tradisional.

Lenovo pada akhirnya harus merancang sistem pendingin yang benar-benar baru dari nol, memastikan bahwa distribusi panas bisa berlangsung seefisien mungkin sehingga perangkat tetap ideal untuk digunakan dalam waktu yang lama. Guna menunjang performanya, Lenovo membekali X1 Fold dengan prosesor Intel Core i5 generasi ke-11 yang memiliki arsitektur hybrid, lengkap beserta RAM 8 GB dan SSD berkapasitas 1 TB.

Dibandingkan laptop tradisional, X1 Fold tentu mempunyai skenario penggunaan yang lebih bervariasi. Cover kulit premium yang melapisi bagian luarnya ternyata dilengkapi sebuah kickstand agar perangkat bisa diberdirikan dalam posisi layarnya terbuka lebar. Dari situ pengguna tinggal menyambungkan sebuah keyboard Bluetooth, yang kabar baiknya termasuk dalam paket penjualan.

Juga ikut disertakan adalah sebuah stylus, dan ini tentu sangat berguna dalam skenario seperti mengikuti rapat atau webinar. Cukup buka X1 Fold layaknya laptop biasa, maka layar bagian bawahnya bisa langsung digunakan untuk mencatat selagi layar bagian atasnya menampilkan sesi video conference.

Namun pertanyaan yang paling penting mungkin adalah terkait harganya, sebab kita tahu bahwa sejauh ini semua perangkat foldable masih sangat mahal. Di Indonesia, Lenovo ThinkPad X1 Fold dipatok seharga Rp59.999.000 saat mulai dipasarkan pada bulan April mendatang. Bukan harga yang murah bahkan untuk kalangan early adopter sekalipun.

ThinkPad X1 Nano dan ThinkPad X1 Titanium Yoga

Beralih ke ThinkPad X1 Nano dan ThinkPad X1 Titanium Yoga, dua laptop ini sama-sama punya keunggulan tersendiri dari sisi desain. ThinkPad X1 Nano adalah model yang paling ringan dari seluruh lini ThinkPad yang ada saat ini, sedangkan ThinkPad X1 Carbon adalah yang ukuran bodinya paling tipis.

Kita mulai dari ThinkPad X1 Nano terlebih dulu. Dengan mengawinkan bahan serat karbon pada top cover dan magnesium pada sasisnya, perangkat ini tercatat memiliki bobot cuma 907 gram. Layarnya mempunyai ukuran 13 inci dengan resolusi 2160 x 1350 pixel (aspect ratio 16:10), dan konsumen dapat memilih antara varian touchscreen atau non-touchscreen.

Pada varian termahalnya, laptop ini mengemas prosesor Intel Core i7 generasi ke-11, lengkap beserta RAM 16 GB dan SSD berkapasitas 1 TB. Seperti X1 Fold, X1 Nano juga akan dijual mulai bulan April 2021 dengan harga mulai Rp27.249.000.

Untuk ThinkPad X1 Titanium Yoga, perangkat ini tercatat mempunyai tebal bodi hanya 11,5 mm dan bobot 1,15 kg. Label "Titanium" pada namanya merujuk pada logam titanium yang melapisi top cover-nya, sedangkan label "Yoga" mengindikasikan bahwa perangkat ini merupakan sebuah laptop convertible yang mengemas engsel layar 360°.

Secara teknis, X1 Titanium Yoga mengemas layar 13,5 inci dengan resolusi 2256 x 1504 pixel (aspect ratio 3:2). Dapur pacunya berisikan prosesor Intel Core i7 vPro, RAM 16 GB, dan SSD 1 TB pada konfigurasi termahalnya. Seperti X1 Nano, X1 Titanium Yoga juga telah memenuhi sertifikasi Intel Evo, menjadi penanda akan keunggulannya dalam hal daya tahan baterai maupun adanya dukungan terhadap fitur-fitur seperti fast charging dan instant wake.

Di Indonesia, ThinkPad X1 Titanium Yoga kabarnya akan dipasarkan dengan harga mulai Rp33.499.000 pada bulan April mendatang.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter