1. Startup

Situs Metasearch Trivago Resmi Meluncur di Indonesia Sebagai Layanan Perbandingan Harga Hotel

Potensi pasar pariwisata di Indonesia ternyata berhasil membuat beberapa startup asing tertarik untuk masuk ke dalam pasar Indonesia. Sebut saja situs metasearch travelWego dan HotelsCombined yang telah bersandingan dengan startup lokal seperti  situs Telunjuk yang juga punya layanan perbandingan hotel. Baru-baru ini Trivago juga baru saja mengumumkan peluncuran layanannya di Indonesia.

Sesuai dengan keterangan dalam siaran pers yang kami terima, masuknya Trivago yang berpusat di Jerman ke pasar Indonesia merupakan salah satu bentuk langkah ekspansinya di pasar Asia Tenggara yang diklaim memiliki pasar yang sangat potensial dalam segmen travel. Beberapa negara lain di wilayah Asia Tenggara seperti Thailand, Malaysia, dan Singapura telah satu tahun menikmati layanan Trivago. Kini Trivago berarti semakin lengkap hadir di 47 negara dan tersedia dalam 28 bahasa lokal.

Melihat besarnya potensi pasar Asia, Head of APAC Trivago Robin Harries mengatakan bahwa pelebaran sayap bisnis di Asia merupakan salah satu fokus Trivago yang tak ingin ketinggalan mencicipi gurihnya pasar Asia yang memiliki minat tinggi akan situs travel.

"Potensi dari 200 juta orang pengguna internet di Asia Tenggara tidak dapat dilewatkan begitu saja. Kami melihat peningkatan pasar travel yang menarik sekagus menantang, sehingga kami berencana untuk memperkuat aktifitas kami disana,” ujar Robin yang dimuat dalam berita pers.

Secara umum, cara kerja Trivago tak jauh berbeda dengan Wego maupun HotelsCombined yang sama-sama merupakan situs metasearch travel. Pengguna dengan leluasa mengakses perbandingan harga hotel yang berasal dari berbagai situs reservasi seperti Venere, Hotels, Expedia, Agoda, Booking, dan beberapa situs reservasi lainnya yang diklaim mencapai lebih dari 150 situs travel.

Hanya tinggal memasukkan kata kunci yang diinginkan, seperti nama kota tujuan, Trivago akan secara otomatis menampilkan daftar hotel yang tersedia lengkap dengan tanggal check in dan harga. Pencarian lebih detil dengan fungsi filtering juga disematkan, seperti pencarian berdasarkan bintang hotel, kisaran harga, dan fasilitas. Untuk reservasi, Trivago akan mengarahkan pengguna menuju halaman situs reservasi terkait yang ditampilkan secara real time.

Di pasar Indonesia, Trivago semestinya bisa memiliki peluang yang cukup baik untuk bersaing dengan situs lain yang sejenis dengan daya saing yang kuat, termasuk ketersediaan aplikasi mobile-nya untuk platform Android dan iOS.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again