Categories

Home Appliance

Truk 'Transformers' Ini Bisa Berubah Jadi Rumah Berbentuk Miniatur Kastil

Yoga Wisesa - 6 July 2015

Memadukan ide rumah tinggal dan kendaraan bermesin, gagasan recreational vehicle diperkenalkan lebih dari seabad silam. Penampilannya sangat bervariasi dan tren ini semakin digemari khususnya di negara maju. Dan sepasang suami-istri asal Selandia Baru berhasil menciptakan jelmaan paling inovatif dalam kelas RV ataupun motorhome.

Truk milik Justin Hayward dan Jola Siezen boleh dibilang sebagai inkarnasi Optimus Prime dari jagat Transformers buat fungsi yang jauh lebih praktis. Bukannya bisa berubah jadi robot tempur raksasa, kendaraan tersebut dapat bertransformasi jadi rumah dengan desain unik. Di kondisi normal, ia hampir mirip seperti truk rumah berukuran besar lain, plus serangkaian jendela dan dua menara kastil zaman Abad Pertengahan.

Dalam perjalanan, motorhome tersebut dibundel secara padat dan rapi. Ia memenuhi seluruh syarat masuk jalanan, serta juga dipastikan mudah dikendarai. Justin dan Jola tinggal menentukan tempat mereka bersinggah, kemudian mengubah truk menjadi rumah ala miniatur kastil. Atap dapat dipanjangkan ke atas, lalu lipatan-lipatan tembok tinggal ditarik. Semua bagiannya mempunyai kegunaan, termasuk 'menara'.

Info menarik: Konsep Kabin Ini Kedepankan Keamanan dan Kenyamanan untuk Buah Hati Anda

Truk Justin dan Jola juga tidak kalah dari konsep alat transportasi pintar yang sekarang sedang naik daun. Truk-kastil ini bekerja secara cerdas. Ia mengakumulasi tenaga dari panel surya, mampu memanaskan air lewat kombinasi sinar matahari, tungku perapian dan gas. Kendaraan tersebut bisa mengumpulkan air hujan dan menyimpannya di tangki sebelah bawah. Semuanya sempurna buat gaya hidup aktif Justin, Jola dan si buah hati, Piko.

Tempat tinggal berjalan ini menyimpan ruang yang cukup luas. Dapurnya dilengkapi kompor, wastafel, kulkas dan meja. Pintu bisa digeser ke samping, memperlihatkan area ruang keluarga. Tempat sampah serta kursi bayi dapat dilipat saat tidak dipakai. Kemudian pakaian disimpan dalam lemari putar dengan lampu otomatis. Ingat sepasang menara tadi? Mereka berperan sebagai ruang shower dan toilet terpisah.

Rumah sekaligus kendaraan tersebut berpedoman pada prinsip ramah lingkungan. Selain memanfaatkan panel surya, kedua penciptanya mengusung jenis toilet composting (buat menghemat air). Di lantai paling atas, mereka menaruh bathtub dan tempat tidur gantung. Di sana Justin dan Jola tidak lupa membubuhkan sistem pengeringan makanan, supaya keluarga selalu menyimpan persediaan buah-buahan.

Silakan lihat foto-foto truk-kastil Justin dan Jola di situs Living Big in a Tiny House. Atau simak video liputannya di bawah. Kreasi mereka memang sangat apik, tapi apakah motorhome ini juga mampu menjadi alternatif rumah tinggal di Indonesia?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter