DScovery

Perbedaan Tugas Desainer Grafis dan Illustrator

Sama-sama memghasilkan konten visual, ternyata desainer grafis dan illustrator itu berbeda, loh!

Pekerjaan yang bergerak dalam bidang kreativitas dan seni disebut sebagai seniman. Termasuk desainer grafis dan ilustrator juga masuk kedalamnya. Namun, ternyata tugas desainer grafis dan desainer ilustrator itu berbeda.

Tugasnya memang berbeda, tetapi sama-sama menghasilkan konten visual. Jadi apa perbedaan desainer grafis dan ilustrator yang wajib kamu ketahui?

Berikut adalah penjelasan yang DailySocial persiapkan untuk kamu. Yuk, simak artikel berikut!

Perbedaan desainer grafis dan illustrator

Dikutip dari Indeed, desainer grafis memiliki tanggung jawab untuk membuat konten terutama gambar estetik yang disertai oleh teks tertulis. Desainer grafis biasanya masuk ke dalam departemen pemasaran. 

Desainer grafis membantu untuk membuat branding perusahaan melalui konten visual agar bisa menarik pelanggan. Branding tersebut biasanya akan dimuat sebagai Ads atau iklan di berbagai media dan seorang desainer grafis akan menggunakan software design untuk membuat konten hingga merevisinya.

Sedangkan, seorang illustrator adalah profesi yang menggabungkan desain grafis dengan ilustrasi klasik. Jika, desainer grafis lebih fokus ke arah branding dengan perpaduan konten visual dan teks, illustrator condong ke arah seni rupa.

Mereka yang bekerja sebagai illustrator akan berusaha menceritakan atau memvisualisasikan teks tertulis ke sebuah gambar atau kisah dengan tambahan dekorasi. Biasanya karya sebuah illustrator akan dimuat sebagai ilustrasi buku, cover sebuah karya, animasi, dan desain produk kemasan.

Tugas desainer grafis

Selain, seperti yang disebutkan sebelumnya bila desainer grafis memiliki tanggung jawab untuk melakukan branding perusahaan melalui konten visual, desainer grafis juga memiliki tugas yang lain di antaranya:

  • Berkolaborasi dengan anggota tim kreatif untuk menghasilkan konten visual.
  • Membuat pedoman terkait logo dan materi branding yang akan ditampilkan atau digunakan perusahaan.
  • Menentukan warna dan jenis font yang akan digunakan oleh perusahaan.
  • Melakukan meeting dengan klien dan direktur seni untuk menentukan lingkup project yang akan dikerjakan.

Namun, tugas dan tanggung jawab seorang desainer grafis disesuaikan dengan perusahaan tempat kamu bekerja, tetapi yang utama dari tugas desainer grafis adalah kamu wajib bisa membuat konten visual secara digital dan menyesuaikan dengan setiap platform yang digunakan dengan target perusahaan.

Tidak hanya itu, kamu juga wajib up to date dengan isu terkini agar bisa membuat konten yang sesuai dengan waktu.

Tugas illustrator

Tugas seorang illustrator ini akan sedikit berbeda, karena ada banyak jenis profesi illustrator yang sering kita temui seperti children’s book illustrator, product illustrator, fashion illustrator, dan storyboard illustrator.

Namun, tugas dan tanggung jawab utama mereka tetaplah sama seperti berikut:

  1. Membuat desain visual yang berupa cerita dari sebuah teks
  2. Membahas kebutuhan ilustrasi dengan klien
  3. Memproduksi ilustrasi dengan tenggat waktu yang telah disepakati
  4. Membuat desain kemasan sebuah produk.

Tugas illustrator juga disesuaikan dengan industri tempat mereka bekerja. Jika, kamu bekerja di sebuah penerbitan sebagai illlustrator kamu akan membuat desain cover buku atau ilustrasi untuk cerita bergambar seperti buku anak-anak.

Keterampilan yang dibutuhkan desainer grafis dan illustrator

Walaupun, pekerjaan ini memiliki tugas yang cukup berbeda. Akan tetapi, untuk keterampilan desainer grafis dan illustrator sama karena kedua profesi ini bekerja untuk menciptakan konten visual. Ada tiga keterampilan wajib yang harus kamu miliki, di antaranya:

1. Menguasai software desain

Ini adalah keterampilan utama yang harus kamu kuasai, karena saat ini banyak perusahaan membutuhkan karyawan yang bisa membuat konten visual secara digital karena hasilnya akan lebih cepat dan lebih rapi. Kamu bisa melihat aplikasi desain grafis untuk mobile di sini.

2. Memiliki komunikasi yang baik

Bekerja sebagai seorang desainer grafis dan illustrator juga diwajibkan  untuk bisa berkomunikasi yang baik dengan klien, karena kamu akan sering berurusan dengan klien untuk mengerjakan sebuah project. Skill negosiasi jika dibutuhkan di saat itu.

3. Memiliki kreativitas yang tinggi

Bekerja dalam industri kreatif maka kamu akan dituntut untuk bisa memiliki kreativitas yang tinggi untuk menghasilkan sebuah konten visual. Untuk menumbuhkan kreativitas bisa dilakukan dengan cara mencari referensi di media sosial.

Nah, sekarang kamu sudah tahu perbedaan tugas desainer grafis dan illustrator. Kunci untuk kamu yang ingin bekerja di kedua bidang ini adalah memiliki portofolio yang menarik. Pembuatan portofolio bisa dengan memanfaatkan software desain seperti Adobe, Canva, atau Vector.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter