1. Startup

Tutor, Layanan Marketplace Untuk Pengajar

Jika desainer grafis mempunyai KayaKarya atau Kreavi untuk menjadi portofolio mereka, seorang pengajar atau tutor bisa mendapatkan layanan sejenis melalui Tutor.co.id. Layanan Tutor.co.id memungkinkan seorang pengajar mempromosikan diri mereka agar lebih mudah ditemukan oleh calon murid.

Murid atau orang tua siswa yang membutuhkan seorang pengajar untuk suatu mata pelajaran tertentu dapat mengunjungi situs Tutor.co.id. Pengajar yang telah terdaftar dalam Tutor.co.id dikelompokkan dalam tingkat pendidikan serta bidang pelajaran yang diajarkan sehingga mudah dicari. Tutor.co.id juga menyediakan kolom pencarian sehingga pengguna lebih mudah untuk mencari seorang pengajar berdasarkan kata kunci tertentu.

Seorang pengajar dapat mempromosikan diri mereka dengan menampilkan info tentang data diri pribadi dan pengalaman mengajar mereka. Pengajar juga dapat menampilkan lokasi ketersediaan pengajar tersebut untuk memudahkan pengguna memilih pengajar yang dekat dengan lokasi mereka. Seorang pengajar juga bisa langsung mencantumkan paket pengajaran dan harga yang mereka tawarkan.

Tutor.co.id akan mengambil komisi 20% dari harga paket yang ditawarkan oleh seorang pengajar. Uang ini akan diberikan setelah paket selesai dan murid memberikan rating pengajar tersebut kepada Tutor.co.id. Rating yang diberikan ini akan muncul pada halaman profil seorang pengajar sehingga menjadi protofolio tersendiri bagi pengajar tersebut.

Baru-baru ini Tutor.co.id telah menambahkan sebuah fitur baru yang diberi nama Wanted List. Fitur Wanted List ini merupakan semacam fitur job listing. Seorang calon murid atau orang tuanya yang membutuhkan layanan dari seorang pengajar dapat menampilkan iklan kebutuhan mereka tersebut dengan fitur ini. Seorang pengajar akan dapat mendaftar jika iklan tersebut seusai dengan kemampuannya.

Skema bisnis yang dikembangkan oleh Tutor.co.id ini sempat menjadi 10 proposal terbaik dalam kompetisi bisnis iMulai 4.0 yang diselenggarakan oleh  Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) dan Microsoft Indonesia. Dalam kompetisi yang diselenggarakan pada awal tahun ini tersebut, Tutor.co.id juga mendapat penghargaan khusus untuk partisipasi wanita. Sementara dalam ajang Inaicta 2012 kemarin, Tutor berhasil masuk menjadi delapan finalis untuk kategori startup.

Tutor.co.id dibuat oleh PT. DheZign Online Solution. Saat ini, jumlah pengajar yang terdaftar dalam layanan Tutor.co.id mencapai 560 orang. Agar lebih mirip dengan layanan yang disediakan oleh Kreavi dan sejenisnya untuk desainer grafis, Tutor.co.id mungkin bisa menambahkan fitur dimana seorang pengajar dapat menulis sebuah artikel atau mengunggah sebuah video tutorial pengajaran untuk melengkapi portofolionya. Sehingga selain sebagai marketplace bagi pengajar, Tutor.co.id juga bisa ikut membagikan materi pelajaran hasil dari para pengajar anggotanya kepada para siswa di Indonesia.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again