1. Entrepreneur

Tutorial Live Streaming TikTok dengan HP dan Laptop

Panduan lengkap menggunakan TikTok Live menggunakan handphone, PC maupun laptop

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi TikTok. Dilansir dari dataindonesia.id Indonesia menempati peringkat ke-2 di dunia dengan jumlah pengguna TikTok mencapai 109,90 juta orang.

Banyaknya video viral berasal dari TikTok menjadikan aplikasi ini semakin populer di kalangan masyarakat. Selain berbagi dan mengunggah video, pengguna juga dapat menikmati fitur TikTok lainnya, salah satunya yaitu livestreaming atau dikenal dengan TikTok Live.

Anda harus berusia minimal 18 tahun ke atas untuk dapat melakukan TikTok Live, serta mengirim dan menerima hadiah selama video live. Pengguna harus memiliki minimal 1.000 followers untuk dapat memanfaatkan fitur TikTok Live.

Pelajari juga panduan lengkap menggunakan TikTok Shop di sini.

Ada beberapa cara melakukan live streaming TikTok.

1. Live Streaming TikTok melalui Aplikasi

1. Buka Aplikasi TikTok, klik tanda +, lalu geser ke kanan pada bagian bawah tombol merah hingga menemukan opsi Live dan klik Go Live.

Jika Anda tidak menemukan opsi Live, kemungkinan karena Anda belum memenuhi ketentuan TikTok untuk bisa Live atau bisa saja dikarenakan pada waktu tersebut terlalu banyak pengguna yang melakukan TikTok Live.

Credit: LightMV

2. Sebelum menekan tombol Go Live, pastikan Anda telah mengisi bagian topik, judul dan cover untuk menarik minat penonton. Anda dapat mengatur smooth dan filter jika memang dibutuhkan.

Pastikan judul Anda semenarik mungkin agar dapat menarik lebih banyak penonton dengan penulisan judul maksimal 32 karakter. Anda dapat menambahkan tagar untuk jangkauan pada pengguna yang tepat.

2. Live Streaming TikTok menggunakan PC / Laptop

Ingin melakukan video game live streaming di TikTok? Ini dia solusinya. Saat ini, TikTok menyediakan TikTok Live Studio, dimana pengguna TikTok dapat melakukan livestream secara lebih kreatif.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan TikTok Live Studio karena tidak semua akun dapat mengaksesnya.

  • Pastikan Anda bukan pengguna baru TikTok. Setidaknya umur akun TikTok Anda berusia 30 hari.
  • Pastikan Anda memiliki 2.000 followers.
  • Tidak pernah melakukan pelanggaran dalam menggunakan TikTok.
  • Anda akan diberi akses menggunakan TikTok Live Studio selama 7 hari, lalu dapat diperpanjang 180 hari. Untuk dapat diperpanjang, syaratnya yaitu Anda tidak boleh melakukan pelanggaran.

Berikut cara melakukan livestreaming melalui TikTok Live Studio:

  • 1. Unduh TikTok Live Studio melalui Desktop.

  • 3. Jika telah terunduh, tampilannya akan seperti ini. Lalu klik Log in to begin.

  • 4. Log in ke akun TikTok. Anda dapat log in menggunakan beberapa cara.

  • 5. Pilih Set Up Now, Anda dapat skip tutorial set up jika memang Anda sudah berpengalaman.

Credit: TikTok

  • 6. Langkah untuk set up, yaitu terdapat pengaturan microphone, camera, streaming, dan scene.

Hal ini untuk memastikan pengaturan untuk livestream  melalui TikTok Live Studio sudah sepenuhnya siap digunakan dan dihubungkan dengan akun TikTok Anda.

Credit: TikTok

  • 7. Berikut tampilan TikTok Live Studio yang siap digunakan untuk livestream.

Credit: TikTok

Pada tampilan Scene (1), Anda dapat custom lebih dari 10 tampilan pada waktu yang sama saat livestream. Anda juga dapat mengatur tampilan berupa portrait atau landscape.

Credit: TikTok

Pada tampilan Live Information (2), pengguna dapat menambahkan judul Live, foto, dan juga tagar untuk menambah jumlah penonton. Anda juga dapat mengatur apakah penonton dapat menambahkan komentar dan juga hadiah.

Credit: TikTok

Pada tampilan Live Settings (3), Anda dapat mengatur kualitas suara, kamera, video, dan pengaturan standar lainnya.

Credit: TikTok

Pada tampilan Live Data (4), Anda dapat melihat infomasi berupa jumlah hadiah berupa berlian, jumlah pengirim hadiah, total penonton, jumlah pengikut baru.

Credit: TikTok

Pada Live chat (5), Anda dapat melihat komentar penonton secara real-time termasuk hadiah, emoji, dan lainnya, Anda juga mengatur kata kunci yang tidak ingin ditampilkan pada kolom komentar seperti ujaran kebencian atau Anda juga dapat non-aktifkan kolom komentar.

Credit: TikTok

  • Setelah mengunduh dan mengatur Live TikTok Studio, Anda juga dapat melakukan livestream dengan menghubungkannya ke aplikasi TikTok pada handphone. Buka aplikasi TikTok, klik tanda + pada bagian bawah, lalu geser ke kanan hingga menemukan opsi Live, Lalu Live Studio.

  • Pilih Pemeran.

  • Pilih Live Studio dan klik Mulai Sekarang.

Itulah tutorial live streaming pada aplikasi TikTok dan TikTok Live Studio yang dapat Anda coba.  Semoga artikel ini bermanfaat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again