1. Entrepreneur

Tutorial Membuat Banner Produk untuk Bisnis dengan Canva

Cara membuat banner di Canva beserta tips dalam membuat banner

Penggunaan Canva sebagai salah satu alat desain pasti sudah tidak asing lagi. Penggunaannya yang ramah untuk pemula menjadikan Canva salah satu alat untuk desain yang populer.

Bagi Anda yang sedang berbisnis atau ingin memulai bisnis dan ingin mendesain banner produk Anda, Canva dapat membantumu untuk mendesain banner. Dalam membuat banner ada hal-hal yang perlu diperhatikan agar banner Anda menjadi daya tarik bagi calon pelanggan.

Desain banner yang sederhana namun menarik akan lebih banyak menarik perhatian calon pelanggan karena mudah dibaca dan eye-catching. Sebelum membahas tips membuat banner, yuk simak langkah-langkah membuat banner di Canva!

Cara Membuat Banner Produk dengan Canva

  • Buka aplikasi canva melalui PC atau handphone Anda.
  • Masuk ke akun Canva Anda.

  • Untuk mulai membuat banner produk, Anda dapat klik Create a Design pada bagian kanan atas laman Canva.

  • Ketik "Banner" untuk dapat memulai desain dengan ukuran yang diinginkan.

  • Selain itu, Anda juga dapat custom ukuran banner dengan cara klik Custom Size pada laman Canva Anda.

  • Masukkan ukuran banner yang diinginkan, mulai dari lebar, panjang, dan satuan ukurannya.

  • Opsi lainnya, Anda dapat langsung menggunakan template banner yang disediakan canva dengan cara ketik "Banner" pada kolom pencarian. Pilih banner

  • Anda juga dapat mencari spesifik desain banner yang Anda inginkan dengan memasukkan kata kunci pada kolom pencarian, contohnya "banner food", "banner store", "banner skincare" dan masih banyak lagi.

Contoh Template Banner Makanan di Canva

  • Setelah memilih ukuran ataupun template, Anda dapat mendesain sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Anda dapat menambahkan elemen, teks, dan lainnya dengan klik di bagian kiri layar Anda.

  • Setelah selesai, Anda dapat menyimpan desain Anda dengan klik Share di bagian kanan atas layar.

  • Pilih Download.

  • Pilih tipe file, kualitas atau resolusi, halaman yang dipilih, setelah itu klik Download.

Tips Membuat Banner

Ukuran Banner

Pastikan ukuran banner sesuai dengan ukuran aslinya. Ukuran banner yang tidak sesuai dapat membuat gambar pecah, gepeng, terpotong, dan lainnya. Hal ini dapat dihindari dengan mengukur tempat yang akan dipasang banner, setelah itu masukkan ukuran tersebut ke desain canva dengan memperhatikan satuan yang dipakai agar resolusi gambar bagus, dan desain terbaca dengan jelas.

Warna Banner

Warna banner merupakan satu hal yang perlu diperhatikan, karena penggunaan warna yang tepat akan menarik minat konsumen untuk membaca atau melihat banner Anda. Warna tersebut dipilih berdasarkan kebutuhan dan daya tarik.

Pemilihan warna cerah tentunya akan menarik minat konsumen lebih besar dibandingkan dengan banner berwarna gelap. Pemilihan warna tulisan dan warna background pada banner harus kontras agar tulisan tetap terbaca. Pilih warna yang berkesinambungan agar warna yang dipadukan terlihat cantik dan menarik.

Pemilihan Gambar

Gambar atau foto pada banner dibuat semenarik mungkin. Anda dapat memasukkan foto produk agar calon pelanggan mengetahui produk apa yang Anda jual. Pastikan resolusi gambar bagus, agar foto pada banner saat dicetak tidak pecah. Penggunaan animasi produk juga diperbolehkan asal sesuai dengan produk yang akan dijual dan terlihat jelas.

Tulisan

Isi tulisan banner dibuat singkat, namun jelas. Anda dapat menuliskan nama toko, produk yang dijual, kontak, alamat dan sosial media bisnis Anda.

Credit: Canva (Template Banner Produk Makanan)

Desain banner yang sederhana, tidak terlalu ramai dengan elemen akan menjadikan banner produk mudah dibaca. Pastikan juga banner mencakup informasi yang ingin Anda sampaikan mengenai produk bisnis Anda.

Perlu diperhatikan, untuk dapat menggunakan elemen, template, dan fitur lainnya di Canva terdapat beberapa yang premium, sehingga pengguna diharuskan membayar untuk menikmati seluruh fitur yang disediakan.

Nah, itulah berbagai cara membuat banner produk untuk bisnis Anda melalui Canva beserta tips membuat banner. Mudah bukan? Selamat mencoba!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again