EntrepreneurMSME Tutorial

Tutorial Membuat Slip Gaji Karyawan di Aplikasi Bukugaji

Ini tutorial membuat slip gaji karyawan yang mudah dengan Bukugaji Business.

Sebagai pemilik usaha yang telah memiliki karyawan, membuat slip gaji perlu dilakukan. Dengan kemajuan teknologi, membuat slip gaji kini semakin mudah. Terlebih lagi jika Anda menggunakan aplikasi Bukugaji. Pada artikel kali ini akan dibahas tutorial membuat slip gaji untuk karyawan di Bukugaji.

Tapi, sebelum masuk kesana, simak terlebih dahulu informasi mengenai apa itu slip gaji dan fungsinya agar Anda tahu mengapa Anda harus membuat slip gaji untuk karyawan Anda.

Apa Itu Slip Gaji dan Fungsinya

Slip gaji merupakan dokumen yang biasanya diberikan oleh perusahaan atau pemilik usaha seperti Anda kepada karyawan bersamaan dengan pembayaran gaji bulanan. Umumnya, slip gaji berisi informasi mengenai rincian gaji karyawan, informasi karyawan, informasi perusahaan, dan tanggal pemberian gaji.

Membuat slip gaji untuk karyawan penting untuk dilakukan karena slip gaji berfungsi sebagai bukti pembayaran gaji oleh perusahaan kepada karyawan. Selain itu, slip gaji juga merupakan bentuk transparansi penggajian karena dengan slip gaji karyawan bisa melihat detail nominal gaji, tunjangan, bonus, hingga pemotongan.

Tutorial Membuat Slip Gaji Karyawan di Bukugaji

Terdapat dua cara untuk membuat slip gaji. Cara pertama adalah cara konvensional, yaitu membuat slip gaji dengan Microsoft Excel, dicetak, lalu diberikan kepada karyawan dengan amplop. Sedangkan cara kedua merupakan cara modern dimana Anda tidak perlu mencetak apapun. Anda bisa membuat slip gaji melalui aplikasi Bukugaji Business dan mengirimkannya langsung ke WhatsApp karyawan.

Jika Anda tertarik untuk membuat slip gaji karyawan yang praktis dengan Bukugaji, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Masuk ke aplikasi Bukugaji.
  • Pada menu Salary, klik tombol Pay Now.

 

 

  • Kemudian, pilih metode pembayaran gaji karyawan. Anda bisa melakukan pembayaran melalui Bukugaji Pay atau dengan metode lain. Jika Anda telah melakukan pembayaran dengan metode lain, Anda cukup mencatatanya di Bukugaji dengan klik I want to Record Payment only.

 

 

  • Selanjutnya, pilih karyawan yang telah Anda bayarkan gajinya dan akan Anda buatkan slip gaji. Anda bisa memilih satu atau lebih karyawan.
  • Lalu, klik Record Payment.

 

 

  • Pembayaran gaji Anda telah tercatat.
  • Berikutnya, Anda bisa langsung mengirimkan slip gaji karyawan melalui WhatsApp dengan menekan tombol Share Payslips.

 

 

Dengan mengikuti tutorial membuat slip gaji karyawan di aplikasi Bukugaji, Anda bisa membuat slip gaji dengan mudah dan hemat waktu. Alih-alih mencetak slip gaji, Anda bisa langsung mengirimkannya kepada karyawan melalui aplikasi pengirim pesan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again