Aplikasi Tweetbot 3 Resmi Dirilis untuk Pengguna Mac

Aplikasi Tweetbot 3 Resmi Dirilis untuk Pengguna Mac

Tampilan dan fiturnya jelas lebih modern daripada Tweetbot 2 yang sudah hampir berumur tiga tahun
Tweetbot 3 for Mac / Tapbots
Tweetbot 3 for Mac / Tapbots

Februari lalu, Twitter diam-diam ‘membunuh’ aplikasi Mac-nya, dan menganjurkan pengguna Mac untuk mengakses versi web-nya saja. Dari dulu aplikasi resmi Twitter memang tergolong kurang populer di kalangan pengguna Mac, dan keputusan ini malah semakin mendorong mereka untuk beralih ke aplikasi Twitter garapan developer pihak ketiga.

Salah satu yang cukup difavoritkan adalah Twitterrific 5, yang baru dirilis pada bulan Oktober lalu. Sekarang, ada lagi opsi baru yang tak kalah tenar, yakni Tweetbot 3. Versi baru ini secara langsung menggantikan Tweetbot 2 yang sudah eksis sejak tiga tahun silam, dan bersamanya tentu hadir tampilan beserta kumpulan fitur yang lebih modern.

Tweetbot 3 for Mac

Terkait tampilan, Tweetbot 3 for Mac akhirnya menghadirkan dark theme, yang akan mengubah interface jadi serba gelap sehingga tidak menyakitkan mata selagi dibuka di malam hari. Fitur multi-column yang menjadi andalan Tweetbot selama ini turut disempurnakan, di mana pengguna dapat menambahkan kolom lini masa baru semudah navigasi drag-and-drop saja.

Selanjutnya, fitur timeline filter yang cukup populer di kalangan pengguna Tweetbot untuk iOS akhirnya juga tersedia di versi Mac-nya. Fitur ini memungkinkan kita untuk memodifikasi lini masa agar hanya menampilkan tipe Tweet tertentu saja, misal hanya Tweet yang disertai media, Tweet yang disertai link, Retweet, atau yang mengemas kata kunci tertentu.

Tweetbot 3 for Mac

Sayangnya, peluncuran Tweetbot 3 for Mac ini rupanya juga harus dihantui oleh keputusan lain Twitter yang juga menuai kontroversi di kalangan developer, di mana mereka mengubah kebijakan API (application programming interface) yang bisa diakses oleh developer. Imbas dari perubahan ini pada dasarnya adalah, aplikasi pihak ketiga tidak lagi bisa me-refresh lini masa secara otomatis, dan push notification juga tak berfungsi.

Selebihnya, aplikasi seperti Twitterrific 5 atau Tweetbot 3 ini sebenarnya masih bisa berfungsi ketika kebijakan baru itu sudah diterapkan, hanya saja fitur-fiturnya jadi terbatasi. Developer Tweetbot sendiri bilang bahwa skenario terburuknya adalah, aplikasi tak lagi bisa menampilkan notifikasi dan memperbarui linimasa secara real-time (ada jeda 1 – 2 menit).

Terlepas dari itu, Tweetbot 3 saat ini sudah bisa diunduh langsung dari Mac App Store seharga Rp 149 ribu.

Sumber: TechCrunch dan MacRumors.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…