StartupBerita

Twitter Lakukan Kesalahan Pada Penawaran di Akun @earlybird

Sejak kemunculan akun @earlybird, Twitter untuk kesekian kali menjadi pusat perhatian, terutama bagi para blog serta situs berita teknologi dan para pemilik brand.

Monetisasi Twitter selain dari kerjasama dengan mesin pencari yaitu dari Promoted Tweet, dan setelah itu @earlybird yang menjadi saluran monetisasi lainnya bagi Twitter, yang menjadikannya menarik untuk terus diikuti perkembangannya.

Akun @earlybird merupakan akun resmi dari Twitter yang akan melakukan tweet penawaran-penawaran dari berbagai klien Twitter. Intinya tweet dari akun @earlybird akan berisi iklan atau penawaran dari brand atau perusahaan tertentu tentang berbagai produk atau layanan mulai dari entertainment, fashion, technology, beauty, travel, dll.

Tweet pertama yang dilakukan oleh Twitter dengan akun @earlybird adalah tentang penawaran special deal untuk tiket film “The Sorcerer’s Apprentice” yang merupakan film terbaru dari Walt Disney Picture. Dan kemarin tweet dari @earlybird yang kedua muncul, namun ternyata Twitter melakukan kesalahan ketik yang bisa jadi cukup fatal.

Typo memang kadang tidak bisa dihindari, saya sendiri sering menemukan kesalahan pada tulisan saya, bahkan situs berita Reteurs saja pernah melakukan kesalahan typo atau kesalahan ketik. Namun kesalahan yang dilakukan Twitter cukup fatal, bukan hanya karena itu tweet iklan dimana Twitter mendapatkan bayaran namun tweet iklan tersebut mencantumkan sebuah kode khusus untuk mendapatkan penawaran khusus atas pembelian HDTV di Target, sebuah toko online di U.S.

Kesalahan tweet tersebut bisa dilihat di perbandingan dua screenshot ini:

Seperti yang dituliskan TechCrunch, Twitter mengakui kesalahan kode ini dengan melakukan tweet koreksi yang berselang beberapa jam setelah tweet penawaran pertama muncul. Twitter meminta maaf bahwa ada kelebihan huruf 'e' dalam penulisan kode pada tweet iklan yang mereka lakukan untuk penawatan HDTV tersebut.

Jika promoted tweet dianggap cukup sukses karena mempromosikan sebuah topik yang memang sedang hangat dibicarakan, lain halnya dengan @earlybird. Salah satu analisis yang cukup menarik dituliskan oleh ReadWriteWeb, bahwa untuk promoted tweet, iklan yang ada memang relevan dengan apa yang sedang ramai/tren dibicarakan, termasuk di Twitter, jadi sifatnya untuk semakin memperluas efek viral atau menahan lebih lama agar topik tertentu terus dibicarakan, sedangkan @earlybird justru digunakan untuk penawaran-penawaran yang lebih tidak populer atau tidak laku.

Meskipun disangkal oleh Twitter, analisis tersebut tetap menarik, karena di U.S. film “The Sorcerer’s Apprentice” mendapatkan review yang buruk, dan promosi di akun @earlybird bisa jadi untuk mendongkrak pembelian tiket, berbeda dengan Promoted Tweet, sebagai contoh mereka 'mengiklankan' pemain NBA LeBron James yang memang sedang hangat dibicarakan.

Apalagi kini Twitter melakukan kesalahan ketik pada penawaran yang dilakukan lewat @earlybird, apakah ini pertanda @earlybird merupakan bentuk iklan yang buruk?

Untuk sementara, penawaran akun lewat @earlybird masih seputar penawaran yang berlaku di U.S. namun tidak menutup kemungkinan akan melebar ke negara lain, mungkin juga Indonesia. Tapi, kalau kesalahan ketik ini terjadi  untuk penawaran di Indonesia, Twitter harus berhati-hati, nanti malah jadi trending topic dan isinya komentar negatif bukan positif, dan kita tau betapa perkasanya pengguna Twitter Indonesia.

Dan mudah-mudahan saya juga tidak melakukan kesalahan ketik pada tulisan kali ini, well, ada pendapat tentang @earlybird serta efeknya bagi Twitter? Pendapat anda ditunggu pada kolom komentar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again