Categories

Berita

Twitter Punya CEO Baru: Dick Costolo

Wiku Baskoro - 5 October 2010

Awal minggu yang cukup sibuk bagi Twitter, setelah mengumumkan rencana monetisasi mereka yang paling baru, Twitter juga mengumumkan sebuah berita lain yang berkaitan dengan kondisi internal perusahaan mereka. Twiiter kini punya CEO baru yaitu Dick Costolo yang menggantikan CEO lama yang juga co-founder Twitter, Evan Williams.

Dick Costolo sebelumnya menjabat COO. Sebelum bergabung dengan Twitter, Dick Costolo pernah menjadi co-founder dan CEO FeedBurner. Evan Williams menjelaskan pada blog resmi Twitter bahwa penunjukkan Costolo sebagai CEO antara lain dikarenakan bahwa selama ia menjadi COO, Costolo telah menjadi pemimpin yang kritis dan punya banyak andil dalam perkembangan Twitter sampai sejauh ini, termasuk salah satu bagian penting yaitu usaha dalam mendapatkan pemasukan.

Twitter sendiri mengalami perkembangan yang cukup pesat dari jumlah karyawan, ketika Evan Williams menjadi CEO karyawan mereka hanya berjumlah 20 orang, sedangkan kini ada 300 karyawan yang bekerja di Twitter. Pertumbuhan jumlah tweet juga sangat pesat, sekiat 90 juta tweet perhari dan pengguna bertambah dari hanya 3 juta menjadi lebih dari 165 juta pengguna saat ini.

Lalu apa yang akan dilakukan Evan Williams, apakah Twitter akan menunjuk COO baru? Seperti yang dituliskan TechCrunch, Evan Williams hanya akan 'bergelar' co-founder saja dan akan berkonsentrasi pada pengembangan produk bersama dengan Jason Goldman sebagai VP of Product.

Perubahan Twitter dengan tampilan dan berbagai fitur baru juga mempengaruhi perubahan CEO di Twitter. Produk menjadi fokus utama bagi Twitter, ini memang sudah bisa terlihat jauh-jauh hari setelah pembelian Tweetie, serta berbagai perkembangan dan penambahan fitur pada aplikasi web mereka, puncaknya bisa jadi adalah New Twitter, dimana bentuk Twitter versi web yang kaya akan fitur menjadi salah satu medium utama dalam mendapatkan pemasukan, beberapa diantaranya dengan pengembangan Promoted Products.

Bagi saya sendiri perkembangan dari Twitter ini cukup menarik, terutama Twitter adalah sebuah startup yang kini telah berumur 4 tahun dengan adaptasi pengguna serta pertumbuhan yang cukup pesat. Perubahan tim menjadi penting karena fokus utama tidak hanya ada pada bagaimana mencari pemasukan namun juga pada hal-hal yang berkaitan dengan pengembangan produk.

TechCrunch punya daftar lengkap dari manajemen di Twitter, Anda bisa melihatnya pada tautan ini, dan berikut beberapa nama dan posisi manajemen Twitter: CEO: Dick Costolo, Co-Founder: Ev Williams dan Biz Stone, VP of Product: Jason Goldman, CTO: Greg Pass, CFO: Ali Rowghani, VP of Engineering: Mike Abbott.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter