1. Startup

Twitter Rilis Daftar Twitter Trends

Twitter merilis daftar Twitter Trends yang didasarkan pada Tweet dari berbagai topik yang muncul di layanan mereka, Twitter Trends sendiri diisi oleh berbagai kategori mulai dari bencana alam, bintang pop, politik sampai daftar tagar paling populer.

Dari blog resmi mereka, Twitter menjelaskan bahwa kini telah terdapat 25 miliar Tweet yang dikirimkan oleh pengguna mereka selama 2010, Twitter kemudian menganalisis berbagai Tweet ini untuk mengindentifikasikan 10 Trend paling populer serta Twitter Trend lainnya berdasarkan kategori tertentu, seperti teknologi, film, tagar, dll.

Twitter memang punya cara sendiri tentang bagaimana mereka menentukan Twitter Trends, terminologi atas istilah 'trend' dari Twitter juga punya arti dan kategori tersendiri, termasuk berbagai isitlah terkait yang dianalisis untuk memberikan data paling akurat tentang topik apa yang paling dibicarakan oleh pengguna mereka di tahun 2010. Keterangan lengkap tentang cara mereka merumuskan serta menganalisis topik tertentu yang menjadi Trend bisa dilihat di tautan ini.

Berikut daftar 10 Twitter Trends tahun 2010:

  1. Gulf Oil Spill
  2. FIFA Wolrd Cup
  3. Inception
  4. Haiti Earthquake
  5. Vuvuzela
  6. Apple iPad
  7. Google Android
  8. Justin Bieber
  9. Harry Potter & the Deatlhy Hallows
  10. Pulpo Paul

Dengan pengguna yang terus bertumbuh serta jumlah Tweet yang di kirimkan oleh pengguna yang juga terus bertambah, daftar Twitter Trends ini sedikitnya bisa merefleksikan tentang apa saja yang dibahas oleh para pengguna Twitter di dunia seluruh dunia. Beberapa nama merek juga masuk dalam daftar hal yang paling dibicarakan di Twitter, sebagai tanda bahwa dunia bisnis juga mulai harus masuk ke percakapan pengguna di Twitter.

Beberapa Top Trends dari kategori lain, untuk teknologi adalah Apple iPad, Google Android, Apple iOS, Apple iPhone, Call of Duty Black Ops, New Twitter, HTC, RockMelt, MacBook Air dan Google Instant.  Untuk kategori ini Apple cukup mendominasi, selain itu cukup menarik RockMelt masuk dalam daftar.

Selain daftar ini, beberapa waktu yang lalu Twitter juga merilis daftar pengguna Twitter dari para orang ternama yang ditampilkan dengan desain pohon, yang berfungsi untuk menunjukkan kapan orang ternama ini mulai bergabung dan menggunakan Twitter, seperti misalnya Bill Gates Januari 2010 atau presiden Rusia yang bergabung di Twitter pada bulan Juni.

Untuk daftar lengkap Top Twitter Trends bisa dilihat di tautan ini, dan untuk melihat daftar 'pohon pengguna Twitter' edisi selebriti bisa dilihat di tautan ini, sedangkan untuk berbagai review resmi dari Twitter selama setahun ke belakang bisa dilihat di sini.

Apakah ada yang tertarik untuk membuat daftar top tren khusus lokal, yang merangkum apa saja yang dibicarakan oleh pengguna Twitter lokal, termasuk tema politik, sosial atau bahkan mungkin juga yang berhubungan dengan merek? Sepertinya menarik juga jika layanan seperti SalingSilang, yang juga punya daftar tren asal lokal sendiri, merilis daftar topik paling dibicarakan di Indonesia selama tahun 2010.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again