16 December 2013

by wiku

Twitter Siap Tampilkan Kicauan Berdasarkan Lokasi Terdekat?

Twitter dikabarkan tengah melakukan uji fitur untuk layanan mereka. Fitur yang sedang dalam tahap uji ini dikabarkan akan memberikan informasi atas tweet atau kicauan berdasarkan lokasi terdekat.

Dalam artikel di WSJ disebutkan bahwa beberapa pengguna telah mendapatkan fitur ini ketika mereka mengaktifkan lokasi pada layanan Twitter di ponselnya. Fitur ‘Nearby’ ini akan menampilkan peta serta tweet berdasar lokasi tersebut, pengguna bisa menjelajah tweet dari lokasi tertentu yang ada di peta. Pengguna juga bisa mengatur apakah mereka ingin lokasi mereka dibagikan atau tidak.

Twitter memang telah memberikan fasilitas yang memungkinkan pengguna untuk membagikan fitur lokasi sejak 2010, namun demikian ‘pelebaran’ atas fitur ini tetap menarik untuk dilihat. Meski jika memang fitur ini akan dirilis untuk publik kemungkinan akan membawa masalah privasi lain tetapi bagi pengguna yang ingin mendapatkan informasi lokal yang relevan dimana mereka berada, fitur ini bisa jadi akan berguna. Bayangkan fitur 'Nearby' layaknya di Foursquare tetapi untuk tweet.

Kita nantikan apakah uji ini akan berhasil, dan apakah Twitter akan merilis fitur tambahan atas lokasi mereka atau tidak.


Berita tentang Twitter lainnya yang bisa Anda baca di Trenologi:

Mayoritas Pengguna Tidak ‘Puas’ Pada Sistem Block Terbaru Twitter?

Twitter Hadirkan Fitur Kirim Foto via DM dan Jelajah Lini Masa di Aplikasi iOS dan Android