1. Startup

Twitter Siap Tutup Akses Tanpa OAuth

Hari ini adalah hari terakhir Twitter mengijinkan aplikasi-aplikasi pihak ketiga untuk melakukan otentikasi ke Twitter secara langsung. Mulai besok, semua proses otentikasi dari aplikasi untuk mendapat akses ke Twitter harus menggunakan OAuth.

Twitter sendiri telah mengkomunikasikan mekanisme ini kepada para pengembang sejak Desember tahun lalu, sehingga diharapkan para pengembang sudah menyiapkan update aplikasinya agar mulai besok masih bisa terus mendapat akses ke Twitter.

Selama ini para pengembang aplikasi untuk Twitter memiliki pilihan antara menggunakan otentikasi langsung dengan cara mengirimkan username dan password ke API Twitter, atau menggunakan OAuth. Cara yang pertama jelas membuka lubang besar karena berarti kita memberikan data kita ke pihak ketiga, yang idealnya langsung menyampaikannya ke Twitter untuk otentikasi, tapi tidak menutup kemungkinan untuk pengembang yang bandel bisa menyimpan data username dan password tadi.

Dengan OAuth, proses otentikasi yang terjadi adalah pemberian akses suatu aplikasi ke Twitter, dengan memasukkan username dan password langsung ke Twitter. Kita dapat mengelola aplikasi-aplikasi mana saja yang pernah kita beri akses di halaman Settings >  Connections.

Menurut Twitter sendiri, semua aplikasi paling populer sudah siap dengan perubahan ini. Jadi mulai esok hari, jangan kaget kalau aplikasi Twitter kesayangan lo tiba-tiba ngga bisa konek ke Twitter, coba dulu update ke versi terbaru yang kemungkinan besar pasti sudah menggunakan OAuth.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again