Categories

Social Media

Twitter Spaces Hadir di Android, Alternatif Bagi yang Menanti Kehadiran Clubhouse

Untuk sementara pengguna Android belum bisa membuat Space sendiri, tapi bisa ikut dan berbicara di Space manapun

Glenn Kaonang - 3 March 2021

Kecuali Anda tinggal di dalam gua selama beberapa bulan terakhir ini, Anda semestinya sudah mendengar mengenai aplikasi bernama Clubhouse yang sedang naik daun. Meski populer, Clubhouse hingga kini masih saja hanya tersedia secara eksklusif di platform iOS dan dalam jumlah terbatas (invite-only).

Buat para pengguna perangkat Android yang sedang menanti versi Android-nya, well, Anda mungkin bisa mengalihkan perhatian sebentar ke Twitter. Sejak Desember lalu, Twitter sebenarnya sudah memperkenalkan fitur bernama Spaces yang cara kerjanya sangat mirip dengan Clubhouse. Spaces awalnya cuma eksis di aplikasi Twitter versi iOS saja, akan tetapi sekarang versi beta-nya sudah tersedia di Anroid.

Kalau Clubhouse menggunakan istilah Room, Twitter menggunakan, well, Space. Setiap Space bersifat publik (untuk sekarang) dan siapapun bisa bergabung di dalamnya. Kendati demikian, masing-masing host bisa mengatur siapa saja yang dapat ikut berbicara di dalam Space tersebut; apakah semua orang, semua yang si host ikuti, atau yang dipilih secara manual.

Saat Anda membuka sebuah Space, maka follower Anda bisa melihatnya di bagian atas timeline yang Twitter juluki dengan istilah Fleet. Tidak ada batasan jumlah orang yang bisa bergabung ke dalam suatu Space, akan tetapi jumlah yang dapat berbicara secara bersamaan maksimum hanya 10 orang.

Berhubung masih beta, tentunya ada sejumlah batasan. Untuk sekarang, pengguna perangkat Android masih belum bisa membuat Space-nya sendiri, akan tetapi mereka bisa bergabung dan berbicara di Space manapun (kecuali jika diblok oleh host-nya). Kendati demikian, Twitter berjanji bahwa batasan ini akan segera berakhir, meski memang belum ada kepastian kapan.

Satu hal yang cukup menarik dari Twitter Spaces adalah betapa transparannya tim pengembangnya dalam membagikan progres mengenai fitur-fitur atau penyempurnaan yang mereka terapkan. Selagi menanti kehadiran Clubhouse di Android yang masih belum jelas, tidak ada salahnya mencoba Twitter Spaces — atau gunakan Discord saja :)

Sumber: CNET.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter