1. Startup

Twitter Tambahkan Indonesia dan Beberapa Negara Lain Sebagai Local Trending Topic

Twitter menambahkan beberapa negara dan kota dalam fasilitas local trends mereka, termasuk Indonesia. Kini para pengguna Twitter bisa melihat berbagai trending topic yang hanya berasal dari Indonesia saja atau negara dan kota lain yang mereka pilih.

Dari pengumuman resmi mereka, Twitter menjelaskan bahwa mereka telah menambahkan 16 negara serta 6 kota baru sebagai tambahan negara dan kota yang telah ada pada fasilitas local trends sebelumnya. Kini pengguna dari negara Argentina, Australia, Chile, Perancis, Jerman, India, Indonesia, Itali, Belanda, Singapura, Spanyol, Venezuela serta pengguna dari kota Detroit, Miami, Minneapolis, Rio De Janeiro, Sydney, Toronto bisa mengubah trending topic mereka dan melihat hanya trending topic lokal dari negara atau kota mereka saja.

Untuk mengubah tren lokal ini Anda tinggal melakukan klik pilihan 'change' pada tautan yang ada di area trends atau area trending topic, setelah itu memilih tren lokal dari negara atau kota yang diinginkan. Untuk Indonesia, saat tulisan ini ditulis, trending topic yang sedang terjadi adalah #smallbizsat (promoted trending topic), Adha, Eid Mubarak, Playing God, Ied, Idul, #hwaitngyunhwa, #greathingaboutfriends, Wortel, FTI. Beberapa trending topic lokal ini yang termasuk ke trending topic seluruh dunia adalah Playing God dan Eid Mubarak.

Selain mengumumkan tambahan negara serta kota baru untuk local trending topic, Twitter juga menambahkan fasilitas Google Translate untuk menampilkan Tweet terjemahan yang akan muncul pada 'detial pane' atau area sebelah kanan yang muncul untuk memberikan keterangan detail tentang Tweet tertentu. Fasilitas ini untuk memberikan akses lebih atas percakapan yang ada diseluruh dunia.

Untuk fasilitas local trending topic, sepertinya telah bisa dinikmati oleh semua pengguna, terlihat juga dari beberapa Tweet pengguna Twitter Indonesia yang mulai mencoba atau melihat fasilitas ini, sedangkan untuk fasilitas terjemahan Tweet, Twitter menjelaskan bahwa mereka baru menyediakan fasilitas ini pada sebagian kecil pengguna dan akan merilis untuk pengguna umum dalam beberapa minggu ke depan.

Dalam pengumuman resminya, Twitter mengatakan bahwa "These new locations include some of our fastest growing markets". Sepertinya itu merujuk pada Indonesia, well, kini para pengguna lokal bisa mulai melihat, apa saja yang banyak dibicarakan di dunia Twitter lokal, mungkin ini juga bisa menjadi salah satu tambahan informasi bagi pemlik mereka atau perusahaan untuk juga melihat apakah produk mereka 'dipuji' atau 'dicaci' di dunia Twitter. Namun, bisa jadi juga tren lokal dari Indonesia menampilkan beberapa trending topic yang mungkin aneh dan kurang penting. Tetapi setidaknya kini kita diberikan fasilitas untuk melihat bagaimana perilaku serta hal-hal apa saja yang sedang dibicarakan di dunia Twitter lokal.

Untuk tren lokal dari Twitter, sebenarnya ada salah satu startup lokal yang menyediakan fasilitas ini, yaitu SalingSilang.com, jika mau dibandingkan, ketika tulisan ini ditulis tren lokal yang ada di SalingSilang, yang dijaring dari 139.890 Tweet lokal, berturut-turut adalah Gayus, Bolos, Ied, Nguik, Menyadari.

Mana yang lebih baik? Kalau saya sendiri berangapan, lebih banyak data lebih baik. Bagaimana dengan pendapat Anda, apakah local trending topic ini akan berguna bagi Anda dan bagaimana Anda menggunakannya untuk kegiatan Anda sehari-hari, apakah berguna untuk produktifitas atau hanya sebagai tambahan informasi saja?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again