1. Startup

Uang Elektronik Telkomsel dan Indosat Bakal Bisa Digunakan di Marketplace Elevenia

Masih soal uang elektronik, kali ini soal penggunaan e-money untuk layanan e-commerce. Marketplace online Elevenia mengisyaratkan bahwa T-Cash Telkomsel dan Dompetku Indosat bakal bisa digunakan di layanannya dalam waktu dekat. Ketersediaan ini melengkapi XL Tunai yang sudah bisa dipakai sejak awal berdirinya Elevenia sebagai joint venture XL Axiata (XL) dan SK Planet Korea.

Hal yang menarik adalah Elevenia tidak berusaha eksklusif untuk pelanggan XL saja, tetapi berusaha merangkul pengguna layanan seluler yang lain. Meskipun demikian, keputusan ini sangat wajar untuk mendorong perkembangan Elevenia agar bisa diterima secara luas. Seperti dikutip dari IndoTelko, Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi mengungkapkan, "Sekarang sedang negosiasi dengan kedua operator itu, kita memang ingin memudahkan semua pembeli dan penjual elevenia melalui sumber pembayaran yang variatif."

Disebutkan bahwa  XL Tunai yang saat ini baru memiliki sekitar 500 ribu pengguna, sementara T-Cash telah mengklaim memiliki 15 juta pengguna terdaftar dan telah bekerjasama dengan 700 merchant. Vice President Digital Service Delivery XL Yessie D. Yosetya mengakui, "Kalau misalnya nanti justru produk T-Cash yang banyak digunakan ketimbang XL Tunai, kami menjadi terlecut. Kita ini kurangnya apa, itu gunanya kompetisi. Inilah salah satu alasan Elevenia itu dijadikan mandiri."

Elevenia merupakan marketplace online yang dijalankan oleh PT XL Planet dan merupakan joint venture 50:50 antara kedua perusahaan dengan modal awal $36,6 juta. SK Planet yang berasal dari Korea Selatan sebelumnya sukses mengembangkan 11st sebagai salah satu marketplace terbesar di negara tersebut dan juga telah melebarkan sayapnya ke Turki.

Dengan Bank Indonesia semakin mendorong penggunaan uang elektronik, uang elektronik yang diterbitkan oleh operator seluler menjadi kendaraan menarik untuk meningkatkan adopsi e-money. Penetrasi layanan seluler yang jauh lebih besar ketimbang jumlah nasabah perbankan menjadi insentif besar bagi operator untuk memperluas bisnisnya ke sistem ini.

Selain bekerja sama langsung dengan operator seluler sebagai pemilik layanan, pemilik layanan e-commerce dan marketplace online bisa bekerja sama dengan pihak payment gateway untuk mengimplementasikan penerimaan e-money bagi bisnisnya.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again