Categories

Berita

UangTeman Sediakan Proses Peminjaman Tanpa Agunan Berbasis Teknologi

Menjanjikan kemudahan proses dan transparansi, saat ini baru melayani peminjaman hingga Rp 3,5 juta

Prayogo Ryza - 22 May 2015

Layanan UangTeman hadir memberikan nuansa baru untuk pinjaman tanpa agunan. Murni melakukan assessment memanfaatkan teknologi, UangTeman mengklaim menjanjikan kemudahan proses, transparansi, serta otomatisasi. Karena bunga yang dikenakan cukup tinggi, saat ini jumlah pinjaman yang diberikan belum terlalu besar.

Diluncurkan akhir bulan lalu, UangTeman mencoba memberikan solusi bagi masyarakat yang sedang membutuhkan pinjaman atau dana talangan dengan jumlah maksimal Rp.3,5 juta serta dengan jangka waktu peminjaman yang tidak lebih dari 30 hari.

Karena tidak adanya agunan dalam proses ini, meskipun peminjamannya tergolong mudah bunganya yang diberikan bisa dibilang tinggi. Di situsnya disebutkan suka bunga pinjaman rata-ratanya adalah 1% per hari. Ada pula sejumlah biaya dan denda yang dikenakan jika cicilan tidak dibayar tepat pada waktunya.

Beroperasi di bawah naungan PT Digital Alpha Indonesia, UangTeman diklaim telah memiliki ribuan kunjungan tiap harinya. Saat ini UangTeman disebutkan telah menerima ribuan permintaan peminjaman uang atau dana talangan untuk kepentingan mendesak dengan jumlah yang bervariasi.

Salah satu yang menarik dari layanan UangTeman adalah penggunaan teknologi untuk menentukan seseorang layak atau tidak mendapatkan pinjaman. Dari keterangan persnya, pihak UangTeman menyampaikan bahwa mereka mengusung teknologi big data dan didukung dengan algoritma resiko kredit dengan sistem real-time. UangTeman menetapkan standar yang tinggi, sehingga semua data pelanggan akan dilindungi sesuai dengan regulasi yang berlaku di Indonesia.

Selain sistem seleksi penerima pinjaman yang otomatis, pengguna UangTeman juga dapat menikmati beberapa fitur dan layanan lain, antara lain portal informasi dan edukasi mengenai finansial, call center yang siap melayani pertanyaan pengguna, serta fitur livechat.

CEO UangTeman Aidil Zulkifli menyampaikan bahwa layanan UangTeman mengedepankan transparansi. Para pengguna akan mendapatkan detail simulasi dari pinjaman yang diajukan secara transparan di awal dan tidak ada biaya tersembunyi.

“UangTeman merupakan model bisnis yang tepat dan bisa memecahkan masalah bagi masyarakat serta secara berkelanjutan. UangTeman memberikan solusi nyata kepada masyarakat sebagai produk financial yang selama ini banyak dicari oleh masyarakat luas, ” ujar Aidil dalam keterangan persnya.

Ia melanjutkan bahwa UangTeman hanya akan menyetujui pengajuan pinjaman kepada orang-orang yang mampu membayar kembali, tidak seperti sistem rentenir yang meminjamkan kepada siapa pun yang berujung pada menyita aset atau barang berharga dari pengguna.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter