Categories

Berita

UangTeman Salurkan Pinjaman Rp 300 Miliar di Q2 2018, Siap Ekspansi ke Filipina

Nasabah baru meningkat 6 kali lipat, rasio Non-Performing Loan (NPL) tetap di bawah 3%

Yenny Yusra - 5 November 2018

Platform pinjaman online UangTeman (PT Digital Alpha Indonesia) mencatat pertumbuhan yang diklaim signifikan di Q2 2018. Perusahaan telah menyalurkan pinjaman lebih dari Rp300 miliar atau meningkat lebih dari 300% dibanding periode sama tahun sebelumnya, sementara jumlah nasabah baru meningkat sebesar 6 kali lipat. Perusahaan kini telah melayani lebih dari 60 ribu akun nasabah.

UangTeman juga mengklaim tetap menjaga kualitas penyaluran pinjaman dengan mencatat rasio Non-Performing Loan (NPL) di bawah 3%.

“Sebagai salah satu perusahaan teknologi finansial peer-to-peer pinjaman dana multiguna, UangTeman berorientasi untuk memberikan pinjaman yang aman dan bertanggung jawab secara sosial kepada masyarakat yang membutuhkan. Kami pun memiliki fokus yang kuat untuk usaha yang berkesinambungan dengan menerapkan seleksi calon nasabah yang cepat dan akurat sehingga kualitas penyaluran pinjaman kami terus terjaga, meskipun secara kuantitas meningkat tajam,” kata CEO UangTeman Aidil Zulkifli.

Saat ini lebih dari 30% pinjaman ditujukan untuk keperluan pengembangan UKM, sedangkan 25% untuk keperluan darurat terkait pendidikan, 20% untuk keperluan darurat terkait kesehatan dan sisanya lebih ke arah konsumsi.

Selain mengklaim mengalami pertumbuhan yang positif, UangTeman juga fokus ke peningkatan layanan kepada para nasabah. Salah satunya dengan menerapkan standar ISO/IEC 27001 terkait sistem manajemen pengamanan informasi yang sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 4 Tahun 2016.

“UangTeman fokus menyasar segmen ritel, transaksi mikro termasuk para pelaku usaha mikro hingga ke sejumlah daerah di Indonesia. Hal tersebut sejalan dengan komitmen perusahaan untuk mendukung peningkatan inklusi keuangan di Indonesia sesuai komitmen pemerintah menjadi 75% pada 2019,” kata Aidil.

Fokus ekspansi UangTeman

Pasca memperoleh pendanaan Seri B, UangTeman berencana melakukan ekspansi ke Filipina. Disinggung apa rencana UangTeman selanjutnya dan kapan ekspansi tersebut dilancarkan, pihak UangTeman enggan menyebutkan. Langkah ini bakal menjadi yang pertama dilakukan UangTeman sejak berdiri pada tahun 2015 lalu. Meskipun akan menerapkan model bisnis yang serupa dengan di Indonesia, diperkirakan nama yang akan diperkenalkan akan berbeda.

Saat ini UangTeman telah memiliki sejumlah fitur, seperti One Tap Pay, Advance Notification System, dan DEEP. Yang terakhir adalah fitur untuk mengukur tingkat kepuasan nasabah terhadap produk.

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter