UC News bagian dari UCWeb Inc, anak perusahaan Alibaba Mobile Business Group Company, memperkenalkan program UC We-Media. Ini adalah program kompensasi untuk para penulis, bloggers dan penerbit independen. Dimulai 6 Januari 2017, seluruh penyedia konten yang telah memenuhi persyaratan akan mendapatkan kompensasi untuk artikel blog mereka. Kompensasi yang dimaksud adalah penghargaan berupa finansial atas penerbitan karya terkait ke kanal UC News.

We-Media bertujuan untuk menyediakan konten reguler dan spesifik kepada para pengguna UC News. Program sebelumnya ini telah sukses dijalankan di negara lain dengan membawa sudut pandang dari para selebritis, bloggers, key influencers dan juga masyarakat luas ke dalam satu platform.

Tenang kompensasi yang diberikan

Kompensasi diberikan dalam tiga hal, (1) berupa bagi hasil iklan mingguan berdasarkan trafik dan kategori konten, (2) kompensasi untuk konten berkualitas dan terbaik dan (3) kompensasi untuk perekrutan anggota baru. Untuk memantau hasil karyanya, pengguna juga akan disuguhkan dengan sebuah dashboard komprehensif untuk analisis trafik dan pembaca. Termasuk untuk mendapatkan insight topik menarik untuk pembuatan artikel selanjutnya dari ketertarikan pengguna.

“[…] Kami percaya seorang penulis yang berkualitas berhak mendapatkan kompensasi, oleh karena itu hari ini kami menjelaskan detail program dan kompensasi yang bisa didapatkan oleh para penyedia konten. Tidak hanya itu, UC News akan membantu kontributor konten untuk mendapatkan traffic, penghasilan dan followers dari platform kami. Kami mengajak para kreator konten di Indonesia untuk bergabung dalam program ini,” ungkap GM Overseas Business Alibaba Mobile Business Group Kenny Ye.

Penulis atau pembuat konten yang tertarik bergabung dapat mendaftarkan diri melalui laman resmi UC News, dan akan diseleksi oleh tim terkait.

Strategi penguatan konten orisinil UC News

“Pertumbuhan konsumsi informasi yang tinggi saat ini membuat News Feed non konvensional, termasuk postingan blog, artikel yang ditulis oleh penulis independen, imagery feeds, vlogs dan video pendek menjadi populer. Terjadi peningkatan jumlah pembaca dari konten penerbit independen dan pembuat opini. Pergerakan ini membantu kami untuk menawarkan konten unik di UC News dan memperkuat peran kami sebagai wadah distribusi konten,” ungkap Ye.

Menurut laporan terbaru UC News, 3,8% (sekitar 3 juta) dari total pengguna aktif internet di Indonesia adalah blogger dengan peluang besar untuk pertumbuhan WeMedia, sebuah istilah gabungan untuk pembuat opini, penerbit independen dan kreator konten. Konsumsi konten We-Media yang sudah ada pada bulan Desember 2016 terhitung enam kali lebih tinggi dibandingkan bulan September 2016.

“Menurut observasi kami, ada potensi besar untuk konten-konten yang dihasilkan pengguna di Indonesia. Celah pasokan konten pada kategori hiburan, olahraga, teknologi, kesehatan dan gaya hidup akan memberikan kesempatan We-Media untuk dapat mengembangkan karya mereka,” pungkas Ye.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.