13 April 2018

by Glenn Kaonang

Ultimate Ears Ciptakan Custom In-Ear Monitor Seharga $2.200

Dinamai UE Live, target pasarnya adalah para musisi yang sering tur dan konser

Jauh sebelum diakuisisi Logitech dan menjadi salah satu pemimpin pasar speaker Bluetooth, Ultimate Ears sudah membangun reputasi sebagai pionir custom in-ear monitor. Dibanding earphone biasa, custom in-ear monitor biasanya jauh lebih nyaman dikenakan dan memiliki kualitas suara yang lebih superior. Harganya pun tidak jarang mencapai empat digit dolar.

Contoh yang paling baru adalah perangkat bernama UE Live berikut ini. Harganya $2.200, dan sesuai namanya, ia ditujukan untuk menemani para musisi selama konser berlangsung. Meski demikian, tidak ada yang bisa melarang Anda untuk membelinya kalau budget-nya memang tersedia.

Lalu mengapa harganya bisa begitu mahal? Itu dikarenakan jumlah unit driver yang tertanam di masing-masing earpiece-nya, yakni delapan: 6 driver balanced armature, 1 driver True Tone Plus dan 1 dynamic driver berdiameter 6 mm. Kombinasinya dipastikan bisa mereproduksi suara yang amat mendetail dan presisi, apalagi mengingat target pasarnya adalah para musisi yang kerap berjiwa perfeksionis.

Secara teknis, rentang frekuensinya berkisar antara 5 - 22.000 Hz. Namun bukan itu saja, UE bahkan juga memperhatikan aspek perkabelannya. Mereka secara spesifik merancang kabel dan sambungannya agar tak hanya tahan banting sekaligus ringan, tapi di saat yang sama juga tahan air dengan sertifikasi IP67, memastikannya bisa bertahan selama tur dari satu lokasi ke yang lainnya berlangsung.

Sekali lagi, ini bukan earphone biasa untuk konsumen umum, melainkan untuk mereka yang telinganya sangat peka dan berkantong tebal. UE berencana memasarkan Live mulai awal Mei mendatang.

Sumber: Digital Trends.