Ultah Realme Pertama: Smartphone Apa Saja yang Telah Dirilis?

Ultah Realme Pertama: Smartphone Apa Saja yang Telah Dirilis?

Penasaran dengan apa saja yang sudah diluncurkan oleh Realme selama satu tahun?
Realme 64MP Extra
Realme 64MP Extra

Tanggal 9 Oktober mungkin merupakan sebuah momen yang penting bagi Realme. Pasalnya, pada tanggal 9 Oktober 2018 lalu, Realme pertama kali meluncurkan smartphone mereka di Indonesia. Dan pada tanggal 9 Oktober 2019 lalu, Realme merayakan tepat satu tahun umur mereka di Indonesia dan diselenggarakan pada restoran Plataran Menteng, Jakarta.

Realme pertama kali diperkenalkan dengan membawa nama OPPO. Dulu, OPPO pernah meluncurkan perangkat dengan nama OPPO Real. Itulah cikal bakal merek Realme menjadi kenyataan. Pada akhirnya, Realme pun berpisah dengan OPPO dengan membangun brand mereka sendiri.

Realme pertama meluncurkan perangkat dengan nama Realme 1. Namun perangkat ini tidak diluncurkan di Indonesia. Lalu apa saja yang diluncurkan oleh Realme di Indonesia? Berikut adalah perangkat-perangkatnya yang diluncurkan di Indonesia.

9 Oktober 2019: Realme 2, Realme 2 Pro, dan Realme C1

 

Realme 2 feat

Tidak tanggung-tanggung, pertama kali Realme memperkenalkan diri di Indonesia dengan langsung meluncurkan tiga perangkat. Ketiganya adalah Realme C1 untuk entry level, Realme 2 untuk mainstream, dan Realme 2 Pro untuk kelas mainstream dan atasnya.

Realme 2 dan Realme C1 masing-masing menggunakan system-on-chip Snapdragon 450. Sedangkan Realme 2 Pro menggunakan system-on-chip Snapdragon 660.  Realme 2 Pro juga perangkat pertama yang menggunakan poni dengan model Waterdrop.

Realme 2 dan C1 pun juga menggunakan baterai berkapasitas sama, 4230 mAh. Sedangkan Realme 2 Pro menggunakan kapasitas yang lebih rendah, 3500 mAh. Harga yang ditawarkan pun juga sangat menarik sehingga tidak heran jika perangkatnya booming di pasar Indonesia. Selengkapnya bisa Anda baca pada tautan yang satu ini.

10 Desember 2018: Realme U1

 

Realme U1

Hanya berselang dua bulan saja, Realme kembali mengagetkan pasar Indonesia dengan perangkat baru. Realme meluncurkan perangkat dengan kode U1, yang khusus dibuat untuk mereka yang gemar melakukan swafoto. Tidak tanggung-tanggung, kamera depannya menggunakan sensor Sony IMX 576.

Realme U1 menggunakan SoC Mediatek Helio P70 yang mereka klaim bisa lebih baik dibandingkan dengan Realme 2 Pro. Kelas yang dituju sepertinya juga sama dengan Realme 2 Pro, karena memiliki rentang harga yang mirip.

Peluncuran Realme U1 juga bersamaan dengan pengumuman perubahan logo dari perusahaan asal Tiongkok ini. Selain itu, mereka juga mengumumkan bahwa saat itu, Realme sudah tidak lagi di bawah OPPO. Dengan kata lain, Realme sudah menjadi sebuah perusahaan sendiri!

12 Maret 2019: Realme 3

 

Realme 3_2

Tiga bulan kemudian, Realme kembali meluncurkan perangkat terbarunya. Smartphone pertama yang diluncurkan pada tahun 2019 adalah Realme 3. Perangkat ini merupakan smartphone pertama Realme yang memiliki fasilitas ChromaBoost dan Nightscape, sehingga memungkinkan pengambilan gambar saat gelap.

SoC yang digunakan pada perangkat yang satu ini adalah MediaTek Helio P60. Realme mengatakan bahwa penggunaan P60 terkait dengan mesin AI yang mereka miliki. Hal tersebut juga dibantu dengan menggunakan baterai besar 4230.

Realme Indonesia juga menyatakan bahwa pada peluncuran Realme 3 ini, mereka membuka Camera2 API untuk penggunaan kamera pihak ketiga. Selain itu, mereka juga memperbolehkan para penggunanya untuk membuka bootloader agar dapat melakukan rooting serta menggunakan sistem operasi pihak ketiga seperti LineageOS.

8 Mei 2019: Realme 3 Pro dan C2

Hanya berselang dua bulan saja, Realme 3 Pro diluncurkan. Selain itu, Realme juga memperkenalkan C2 yang diklaim oleh Realme sebagai ‘The New Entry-level King‘ di Indonesia. Keduanya menggunakan poni dengan model Dew Drop.

Realme menyematkan Snapdragon 710 AIE pada 3 Pro, sedangkan pada C2 menggunakan chipset buatan Mediatek, yaitu Helio P22. Realme 3 Pro menggunakan sensor Sony IMX 519 pada bagian belakangnya, yang diklaim mampu memberikan kualitas gambar paling baik dengan rentang harga yang diberikan.

Realme 3 Pro juga merupakan perangkat pertama mereka yang menggunakan feature VOOC 3 kepunyaan OPPO. Dengan VOOC 3, Realme 3 Pro dapat diisi ulang sampai penuh hanya dalam waktu 80 menit saja.

25 Juli 2019: Realme X

(Lagi-lagi) berselang hanya dua bulan saja, Realme kembali meluncurkan perangkat terbarunya. Kali ini, mereka meluncurkan Realme X, sebuah smartphone yang memiliki layar penuh tanpa poni. Pada perangkat ini juga pertama kali Realme menggunakan kamera mekanik untuk melakukan swafoto.

Tidak tanggung-tanggung, Realme X menggunakan sensor Sony IMX 586 yang mampu mengambil gambar hingga 48 MP. Perangkat ini juga yang pertama tidak memiliki microSD agar mendapatkan kinerja yang tinggi.

Realme juga pertama kali menggunakan tema sebuah film pada perangkatnya. Pada saat peluncurannya, Realme X juga diluncurkan dalam versi “Spiderman: Far From Home”. Realme X juga ditempatkan untuk bersaing dengan perangkat-perangkat flagship yang ada dipasaran.

19 September 2019: Realme 5 dan Realme 5 Pro

Terakhir, Realme memulai era perangkat dengan empat kamera pada bagian belakangnya pada bulan September 2019 lalu. Era tersebut dimulai dengan peluncuran dari Realme 5 dan 5 Pro. Keduanya menggunakan kamera wideangle 119 derajat, normal, makro, dan depth untuk bokeh.

Realme 5 Pro menggunakan Snapdragon 712 dan Realme 5 menggunakan Snapdragon 665. Realme juga membuat kapasitas baterai pada kedua perangkat ini menjadi lebih besar. Realme 5 Pro menjadi 4000 mAh, sementara Realme 5 menjadi 5000 mAh.

 

 

Infografis Realme

Setelah ini, Realme akan lagi mengeluarkan perangkat-perangkat baru yang tentunya juga membawa teknologi baru. Pada tanggal 23 Oktober 2019 nanti, Realme akan mengeluarkan Realme XT, sebuah perangkat dengan kamera beresolusi 64 MP.

Lalu apa lagi yang bakal diluncurkan oleh Realme? Kita nantikan saja perjalanan mereka di tahun-tahun berikutnya.

Anda bisa menonton beberapa video tentang smartphone Realme di bawah ini:

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…