1. Startup

Umumkan Pemenang, iMulai 4.0 Munculkan Banyak Nama Startup dan Layanan Baru

iMulai, sebuah kompetisi inovasi bisnis yang tahun ini memasuki tahun penyelenggaraan keempat, hari ini mengumumkan pemenangnya.

Bertempat di Balai Kartini Jakarta, pagi tadi, iMulai mengumumkan 10 proposal terbaik yang akan mendapatkan hadiah senilai 300.000 dollar Amerika. Hadiah tersebut merupakan bagian dari program BizSpark Microsoft untuk startup TI (Teknologi Informasi), perangkat keras untuk mendukung bisnis mereka, juga partisipasi dalam pelatihan khusus untuk membantu mengembangkan inovasi bisnis mereka.

Dalam daftar 10 proposal terbaik maupun 50 proposal terbaik, bermunculan nama-nama startup dan layanan baru yang sebelumnya belum dikenal. Beberapa layanan tersebut telah dirilis dan sudah dapat digunakan, sedangkan beberapa lainnya masih dalam fase prototype. Beberapa startup juga menawarkan layanan yang sebelumnya belum pernah ada.

Berikut daftar 10 proposal terbaik dalam kompetisi iMulai 4.0 yang diterima redaksi DailySocial :

  1. Aplikasi gtPerijinan oleh sebuah software house asal Yogyakarta, Gamatechno. Aplikasi ini telah dirilis.
  2. Platform distribusi buku digital, oleh PT. Techbator.
  3. Fokado, situs e-commerce khusus untuk kado berbentuk pengalaman. Fokado merupakan lulusan Jakarta Founder Institute Angkatan pertama.
  4. Ngajar.Com, karya pengembang asal Bandung, CV. Javan IT Services. Saat ini Ngajar.Com masih dalam bentuk prototype.
  5. SaveMillions, juga masih dalam bentuk prototype oleh PT. Konsep Dot Net, Bandung.
  6. Triptrus, sebuah agen travel wisata online oleh PT Jalan Terus Indonesia. Triptrus menarik cukup banyak perhatian dalam acara pengumuman pemenang ini.
  7. Try Out Mandiri, sebuah layanan untuk belajar siswa. Layanan ini dibuat oleh PT. Alfasoft, Malang. Layanan ini juga masih dalam bentuk prototype.
  8. Tutor, juga masih dalam bentuk prototype. Dari websitenya, sepertinya Tutor adalah sebuah layanan untuk mempermudah menemukan tutor.
  9. U-Antri, karya M Ali Fauzi (Institut Teknologi Sepuluh Nopember). U-Antri adalah sebuah sistem antrian online. Kita dapat mengambil nomor antrian sebelum datang ke tempat tujuan.
  10. Yipiyu, karya Aris Suryadi, sebuah platform reward. Saat ini juga masih dalam bentuk prototype.

Selain kepada para pemenang tersebut, iMulai juga memberikan dua penghargaan khusus. Yang pertama adalah penghargaan khusus kepada para inovator yang berasal dari luar Pulau Jawa. Penghargaan ini diberikan kepada Bukukan, Katabuku.Com, Ngaku.In, dan Wisata Nasional. Sedangkan yang kedua adalah penghargaan khusus untuk partisipasi wanita yang diberikan kepada aplikasi investasi dan marketplace Pohon Online, Calorie Guide, Fashion Hills GeoOrders, Ngajar.Com, SosialMeter dan Tutor.

iMulai merupakan kompetisi inovasi bisnis berskala nasional yang disponsori oleh Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) dan Microsoft Indonesia. Kompetisi ini dibuka sejak Maret lalu. Pemenang kompetisi iMulai 3.0 tahun lalu misalnya adalah RocktoProhukumNgatur Duit serta project Football Saga dan NyanyiYuk dari Agate Studio.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again