1. Startup

Universitas Gadjah Mada, Google dan MIT Selenggarakan Kursus Pengembangan Startup Teknologi

Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta sebagai salah satu universitas ternama di Indonesia akan menyelenggarakan kursus pengembangan startup teknologi. Program ini dilaksanakan bekerja sama dengan Google Inc sebagai sponsor dan program Accelerating Information Technology Innovation (AITI) dari Massachusetts Institute of Technology (MIT). Acara ini akan dilakukan tanggal 24 Juni - 2 Agustus 2013 di Yogyakarta.

Peserta acara ini sudah dipilih, yaitu 30 mahasiswa UGM bersama dengan 10 mahasiswa dari universitas mitra lokal seperti Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga dan STMIK Amikom Yogyakarta. Nantinya mereka akan menerima ilmu dan arahan dari mahasiswa dan instruktur dari MIT. Tim MIT juga akan akan bertukar ilmu dengan staf pengajar UGM dengan harapan memasukkan komponen kursus MIT-AITI ke dalam silabus sekolah. Begitu program ini berakhir, para mahasiswa dapat mengakses pengetahuan dan informasi untuk membantu membuat startup mereka up sendiri.

Program MIT-AITI mempromosikan pengembangan teknologi di negara-negara berkembang dengan membantu pengusaha teknologi muda berfokus pada teknologi mobile dan internet melalui sebuah program yang akan meningkatkan potensi komersial bisnis startup. Program ini mencakup kurikulum teknis, kompetisi bisnis, guest lectures dan acara networking untuk membantu para peserta mewujudkan ide-ide mereka. Setelah programnya selesai, para peserta akan mampu menampilkan hasil ide kewirausahaan mereka, bukan saja kepada keluarga dan teman-teman mereka tetapi juga untuk para calon investor.

Widyawan, Kepala Pusat Sistem dan Sumber Daya Informasi UGM, mengatakan, "Kami di UGM sangat bangga terpilih sebagai mitra MIT guna mengajarkan program AITI untuk pertama kalinya di Indonesia. Kami sangat antusias dengan program ini melihat Indonesia adalah salah satu pasaran internet dan mobile yang berpotensi tinggi di dunia. UGM siap untuk berbagi format program MIT-AITI dengan sekolah lain di Indonesia dan membantu mengembangkan revolusi mobile Indonesia!"

Julia Reynolds, Program Manager untuk MIT-AITI, mengatakan, "Ini adalah pertama kalinya program AITI datang ke Indonesia dan melihat potensi pasar mobile yang besar, mahasiswa dan pengusaha lokal memiliki kesempatan tinggi untuk menciptakan sesuatu yang unik bagi pengguna mereka. Kami berharap program MIT-AITI akan membantu menciptakan bisnis terkait industri mobile serta berbagi pengetahuan dengan mitra kami UGM. Kami ingin terus membantu siswa-siswa dunia untuk mengembangkan bakatnya!"

Pepita Gunawan, Google Program Manager untuk inisiatif pendidikan di Indonesia mengatakan, "Kami sangat senang UGM menjadi mitra pertama Program MIT-AITI di Indonesia. UGM terus mendukung program-program terobosan yang membekali siswanya untuk siap bersaing di pasar global."

Dr. Michael Gordon, direktur fakultas MIT-AITI, akan mengunjungi Indonesia pada minggu terakhir program ini. Dr Gordon mengatakan, "Saya tidak sabar untuk berdialog dengan fakultas UGM dan mahasiswanya tentang teknologi mobile dan kewirausahaan. Saya juga ingin mengamati kemajuan siswa-siswa Indonesia dari program ini lewat bisnis startup mereka."

Informasi lengkap tentang program MIT-AITI di Indonesia bisa ditilik di http://aiti.mit.edu/program/indonesia-summer-2013/.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again