15 March 2013

by wiku

Unpacked: Samsung Galaxy S 4 Resmi Diluncurkan

Samsung telah resmi memperkenalkan smartphone terbaru yang telah ditunggu kehadirannya. Lewat Unpacked Event, Samsung Galaxy S 4, yang merupakan generasi keempat dari seri Galaxy S telah resmi diperkenalkan ke publik.

Smartphone ini hadir dengan berat 130g serta dimensi 136.6 x 69.8 x 7.9mm, pada saat peluncuran akan tersedia dalam warna hitam dan putih. Samsung mengatakan akan menyediakan warna lain untuk melengkapi dua warna ketersediaan awal.

Untuk spesifikasi lainnya, smartphone yang memiliki display 5 inci full HD Super AMOLED (1920 x 1080), 44 ppi ini akan dilengkapi dengan Android 2.2 4.2.2 (Jelly Bean), lalu prosesor 1.9 GHz Quad-Core atau 1.6 GHZ Octa-Core tergantung dari pasar dimana ponsel ini dijual.

Untuk kamera Samsung Galaxy S 4 akan menghadirkan kamera depan 13 megapixel serta kamera depan 2 megapixel. Memori 16/32/64 GB seperti rumor yang pernah disebutkan serta dilengkapi slot microSD sampai 64 GB, dengan kemampuan beterai 2.600 mAh.

Dari rilis resmi Samsung juga menjelaskan tentang beberapa fitur yang menjadi unggulan di flagship terbaru mereka ini, antara lain Dual Camera yang memungkinkan pengguna untuk memenggunakan/merekam dengan dua kemera yang tersedia secara bersamaan, Dual Call Video memungkinkan pengguna untuk menerima dan melakukan pangilan telepon sambil memperlihatkan apa yang sedang dilihat. Fitur yang berhubungan dengan kamera lainya adalah Sound & Shout yang memungkinkan ponsel untuk menyimpan musik dan suara secara bersamaan saat foto diambil.

Dan seperti yang telah diberitakan sebelumnya bahwa ponsel ini akan memiliki fitur yang berhubungan dengan pengaturan 'tanpa sentuhan', Samsung Galaxy S 4 memiliki fitur Smart Pause, jadi ketika menonton video dan Anda menengok atau tidak melihat layar maka video ini akan berhenti dan melanjutkan memutar lagi ketika Anda melihar layar kembali. Smart Scroll yang memungkinkan pengguna untuk menjelajah web atau email tanpa menyentuh layar. Air View memberikan fitur untuk melihat konten email atau galeri foto hanya dengan mengarahkan (hover) jari atau S Pen pada konten yang ingin dilihat tanpa membuka file tersebut. Air Gesture memungkinkan penguna memilih lagu yang diputar atau menggeser halaman web ke atas dan ke bawah dengan hanya menggerakkan tangan.

Galaxy S 4 juga memiliki Group Play dan Share Music bagi para penggemar musik. Share Music memungkinkan pengguna untuk menyinkronisasikan beberapa ponsel untuk membuat semacam speaker bersama. Fasilitas lainnya adalah S Helath yang berguna untuk melakukan monitor atas kesehatan pengguna dan lingkungan sekitar untuk memberikan informasi terkait kesehatan.

Samsung Galaxy S 4 juga akan dilengkapi NFC, 3G dan 4G/LTE tergantung dari pasar dimana ponsel ini tersedia.

Kapan smartphone ini akan tersedia? Samsung akan menghadirkan perangkat ini secara global pada kuarter kedua (akhir April) termasuk di US dan Eropa. Belum ada keterangan harga untuk Samsung Galaxy S 4 serta detail tentang daftar negara dimana perangkat ini akan tersedia, namun sepertinya ketersediaan di Indonesia tidak jauh/bersamaan dengan tanggal ketersediaan global.

Lebih lengkap tentang spesifikasi dan penjelasan fitur bisa dilihat di situs resmi atau pers rilis di tautan ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy S 4 (klik untuk memperbesar):

Sumber: Rilis Resmi dan Engadget

Koreksi: Beberapa kesalahan ketik untuk keterangan display layar dan keterangan seri dan versi Android - harusnya 4.2.2. Sudah diperbaiki.