Gadget

Update Besar PlayStation 4 Hadirkan Beberapa Fitur 'Pro' ke Varian 'Biasa'

Upgrade terbesar yang Sony hidangkan adalah implementasi high dynamic range.

Tak lama setelah mengumumkan PlayStation 4 Pro dan Slim secara resmi, Sony mengungkap rencana pelepasan update besar untuk console current-gen kebanggaan mereka di awal minggu ini. Seperti yang diberitahukan bulan lalu, pembaruan ke versi 4.0 ber-codename Shingen ini ditujukan buat menyempurnakan UI, folder, Quick Menu, Share Menu sampai Library.

Modifikasi tidak berhenti sampai di sana. Sony juga berniat menghadirkan beberapa fitur yang ada di model terbaru ke versi standar sekaligus memenuhi janji mereka sebelumnya. Update 4.0 mulai diluncurkan tanggal 13 September kemarin, sesudah dijajal oleh peserta program public beta Agustus lalu. Tentu saja ini merupakan langkah Sony mengantisipasi perilisan PS4 'slim' di minggu ini, sebelum disusul oleh PS4 Pro tanggal 10 November besok.

Perubahan terbesar yang Sony hidangkan ialah implementasi high dynamic range. Meskipun PlayStation 4 kesayangan Anda tetap tidak bisa tangani 4K gaming, update Shingen memastikan console mampu sajikan permainan di HDR - dengan syarat televisi Anda sudah mendukung fitur ini. Kemudian pembaruan tersebut turut memungkinkan pengguna streaming video full-HD ke YouTube, Twitch, maupun Remote Play.

Selanjutnya, Sony memperbarui Quick Menu agar kita lebih mudah mengaksesnya tanpa meninggalkan permainan, serta melengkapinya dengan item-item baru. Salah satu upgrade teranyarnya (yang tidak disertai saat program beta berlangsung) adalah bagian Music, mempersilakan Anda menjelajahi dan menikmati lagu via Spotify tanpa perlu membuka aplikasi.

Di sana, Anda bisa menggunakan fungsi play, pause, skip, shuffle, repeat serta save. Tak hanya itu, Music juga memberikan rekomendasi playlist sesuai permainan yang sedang Anda mainkan, serta mengetahui playlist dan lagu-lagu favorit Anda di Spotify. Saat memilih playlist, Anda dapat melihat daftar lagu dan memutar semuanya atau mendengarkannya satu per satu.

Bagian What's New juga didesain ulang, kini turut menginformasikan aktivitas kawan-kawan Anda. Di sebelah kiri terdapat Activity Feed baru, sekarang mempunyai gambar lebih besar sehingga user lebih mudah mengakses fitur like, share serta memberi komentar. Kemudian, kolom sebelah kanan meliputi bagian Now Playing, Trending, Players You May Know, serta Who to Follow.

Jika Anda punya berencana untuk membeli versi slim atau beralih ke PlayStation 4 Pro, Sony tidak lupa menambahkan kemampuan transfer data lewat kabel LAN. Dengannya, Anda dimudahkan buat memindahkan data-data permainan, info user dan file save. Tentu saja tetap tersedia pilihan transfer via cloud.

Sumber: Blog PlayStation.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter