8 April 2016

by Bambang Winarso

Facebook Messenger Diganjar Tiga Fitur Anyar dan Catat Rekor Baru

Facebook Messenger diperkaya fitur Codes, Usernames dan Links

Setelah sebelumnya Facebook Live yang dimanjakan dengan sederet fitur baru, hari ini giliran Messenger yang mendapatkan perlakuan istimewa dari Facebook. Ada tiga fitur utama yang dihadirkan di Facebook Messenger, yaitu Messenger Codes, Messenger Usernames, dan Messenger Links di samping mengklaim rekor baru pengguna aktif setiap bulan yang menyentuh angka 900 juta.

Fitur Messenger Codes diletakkan di menu tab Settings di panel profil Anda, gunanya agar pengguna lain atau siapapun dapat memindai kode dari profil mereka dan memulai percakapan dengan Anda. Fungsinya hampir seperti kartu nama, namun dalam wujud yang lebih canggih.

Codes menjadi cara baru yang memberikan banyak kemudahan. Menghindarkan pengguna untuk mengingat nomor ponsel, nama akun, username atau detail rumit lain yang dalam banyak kasus menimbulkan kesalahan ketik atau semacamnya.

Berikutnya, Messenger Links dan Usernames dirancang khusus sesuai dengan personal pengguna. Keduanya dapat dibagikan secara online melalui aplikasi pihak ketiga, bahkan menjadi signature di surat elektronik ataupun blog. Link juga dapat dikirimkan melalui pesan Messenger ke teman atau kontak, sehingga orang akan mudah menghubungi Anda.

Kedua fitur ini akan mempermudah orang mengidentifikasi sebuah username atau profil. Kita tahu, di luar sana ada banyak sekali pengguna Facebook yang mempunyai username serupa. Kini, dengan username unik, mengirim pesan ke orang yang salah dapat dihindari.

Selain tiga fitur baru tersebut, Facebook juga mengklaim telah mencatatkan rekor baru. Di mana jumlah pengguna aktif bulannya Messenger kini menyentuh angka 900 juta orang. Naik 100 juta dibanding catatan awal tahun yang berjumlah 800 juta. Menggunakan rentang waktu yang sama, maka Facebook Messenger bakal membuat rekor 1 miliar paling cepat pada bulan Juli nanti. Hebat, Facebook!

Sumber berita Facebook.